Ada 5 kesalahan dalam Search Engine Optimization (SEO)
yang kita biasa jumpai dalam sebagian besar situs bisnis di Internet.
Kesalahan-kesalahan ini umumnya bersifat sederhana tetapi fundamental
dalam berbisnis online. Sejumlah besar bisnis online
didirikan setiap hari tetapi kebanyakan sia-sia dan yang lainnya
memiliki tingkat respon lambat saat diakses. Perhatikan bahwa sebagian
perusahaan ini menggunakan strategi SEO dan masih juga kurang mencetak
hasil yang memuaskan. Untuk memastikan SEO bekerja maksimal bagi bisnis
online Anda, lakukanlah dengan baik cara-cara yang disarankan. Inilah
cara satu-satunya bisnis Anda bisa bertambah subur.
Namun, meskipun SEO dianggap sebagai satu alat utama dalam
mengingkatkan kinerja bisnis online, tren sama bisa memicu efek yang
berkebalikan jika dilakukan dengan cara yang kurang baik. Ada batasan
tertentu yang Anda harus patuhi saat menerapkan SEO dalam bisnis Anda.
Dengan kata lain, SEO untuk bisnis seharusnya tidak pernah digunakan
secara membabi-buta.
Apa saja semua kesalahan tersebut? Berikut rangkumannya untuk Anda.
Pertama ialah mengandalkan tautan jenis backlink sepenuhnya untuk
menggenjot kinerja situs bisnis Anda. Hal positifnya ialah tren ini
sukses diterapkan dalam masyarakat di masa lalu. Namun,
manfaat-manfaatnya tidak bertahan lama. Telah dikemukakan bahwa mesin
pencari tengah menempuh upaya untuk memberantas backlink yang dijual
ini.
Seringkali, bahkan mata yang tidak terlatih bisa mendeteksi tautan
yang dibeli ini di berbagai konten. Sejumlah pola dibentuk dengan
serangkaian tautan mungkin tidak masuk akal sama sekali sehingga memicu
kecurigaan Google. Di samping itu, Anda mungkin akan menemukan sejumlah
tautan yang relevan yang tidak masuk dalam perkiraan. Jelas bahwa
indikasi jelasnya ialah bahwa tautan itu dibeli. Intinya, tim mesin
pencari akan dengan mudah menemukan tautan yang dibeli.
Kedua yakni fokus pada kuantitas tautan daripada
kualitasnya. Meskipun ada banyak tautan yang mengarah kembali yang
dianggap penting dalam strategi SEO yan baik, hal yang sama juga bisa
terjadi dan akhirnya menghancurkan bisnis online Anda. Salah satu
kesalahan terbesar yang dibuat oleh orang terlalu berambisi mengumpulkan
backlink sebanyak mungkin dan mengabaikan kualitas tautan tersebut.
Membangun tautan ini sebenarnya mudah karena sebagian besar orang
menganggapnya mudah. Pada dasarnya, waktu yang dibutuhkan juga tak lama.
Untuk menghindarinya, pertimbangkan wewenang dan otoritas tautan
tersebut agar menarik dalam konten Anda dan pembaca mampu mengikutinya
untuk memastikan bahwa pengunjung bisa berselancar di situs itu tanpa
banyak pertimbangan.
Ketiga ialah menjejalkan kata kunci. Terlalu banyak keyword dalam
konten Anda mungkin bisa memicu efek berlawanan. Namun, tetao saja
banyak orang melakukannya. Penjejalan kata kunci ini sia-sia saja,
karena optimisasi adalah kunci satu-satunya. Anda harus fokus pada
kepadatan kata kunci dalam konten yang ideal dan tidak mengganggu
kualitas konten yang disajikan. Idealnya kepadatan itu adalah 2%.
Fokuslah pada pembuatan konten berkualitas dengan penggunaan kata kunci
yang alami sesuai aliran dan konteks dalam teks.
Keempat, Anda perlu memperhatikan bahaya konten ganda. Dalam banyak
kasus, perusahaan dengan lebih dari 1 situs cenderung untuk mendaur
ulang konten mereka, Anda mungkin bisa menemukan berbagai artikel yang
sama di situs berbeda. Ini juga mungkin terjadi dengan mengikuti tautan
tertentu dan menemukan konten yang sama dari situs induk. Jika Anda
memiliki kecenderungan menerapkan strategi ini, kemungkinan besar bisnis
online Anda tidak akan maju. Mengapa? Karena Google biasanya
mengabaikan konten yang tidak orisinal.
Terakhir ialah mengabaikan jejaring sosial (social media). Pemasaran
konten, penggunaan jejaring sosial dan optimisasi onsite (dalam situs)
yang buruk juga akan melukai kinerja bisnis online Anda. Jadi jika Anda
sudah memiliki konten orisinal, tautan yang sesuai dan relevan serta
kata kunci yang alami dan tidak terlalu padat, saatnya Anda
mengoptimalkan teknik SEO Anda dengan jejaring sosial.