5 kesalahan dalam Search Engine Optimization (SEO) Terfatal dalam Bisnis


Ada 5 kesalahan dalam Search Engine Optimization (SEO) yang kita biasa jumpai dalam sebagian besar situs bisnis di Internet. Kesalahan-kesalahan ini umumnya bersifat sederhana tetapi fundamental dalam berbisnis online. Sejumlah besar bisnis online didirikan setiap hari tetapi kebanyakan sia-sia dan yang lainnya memiliki tingkat respon lambat saat diakses. Perhatikan bahwa sebagian perusahaan ini menggunakan strategi SEO dan masih juga kurang mencetak hasil yang memuaskan. Untuk memastikan SEO bekerja maksimal bagi bisnis online Anda, lakukanlah dengan baik cara-cara yang disarankan. Inilah cara satu-satunya bisnis Anda bisa bertambah subur.

Namun, meskipun SEO dianggap sebagai satu alat utama dalam mengingkatkan kinerja bisnis online, tren sama bisa memicu efek yang berkebalikan jika dilakukan dengan cara yang kurang baik. Ada batasan tertentu yang Anda harus patuhi saat menerapkan SEO dalam bisnis Anda. Dengan kata lain, SEO untuk bisnis seharusnya tidak pernah digunakan secara membabi-buta.
Apa saja semua kesalahan tersebut? Berikut rangkumannya untuk Anda.

Pertama ialah mengandalkan tautan jenis backlink sepenuhnya untuk menggenjot kinerja situs bisnis Anda. Hal positifnya ialah tren ini sukses diterapkan dalam masyarakat di masa lalu. Namun, manfaat-manfaatnya tidak bertahan lama. Telah dikemukakan bahwa mesin pencari tengah menempuh upaya untuk memberantas backlink yang dijual ini.

Seringkali, bahkan mata yang tidak terlatih bisa mendeteksi tautan yang dibeli ini di berbagai konten. Sejumlah pola dibentuk dengan serangkaian tautan mungkin tidak masuk akal sama sekali sehingga memicu kecurigaan Google. Di samping itu, Anda mungkin akan menemukan sejumlah tautan yang relevan yang tidak masuk dalam perkiraan. Jelas bahwa indikasi jelasnya ialah bahwa tautan itu dibeli. Intinya, tim mesin pencari akan dengan mudah menemukan tautan yang dibeli.

Kedua yakni fokus pada kuantitas tautan daripada kualitasnya. Meskipun ada banyak tautan yang mengarah kembali yang dianggap penting dalam strategi SEO yan baik, hal yang sama juga bisa terjadi dan akhirnya menghancurkan bisnis online Anda. Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh orang terlalu berambisi mengumpulkan backlink sebanyak mungkin dan mengabaikan kualitas tautan tersebut.

Membangun tautan ini sebenarnya mudah karena sebagian besar orang menganggapnya mudah. Pada dasarnya, waktu yang dibutuhkan juga tak lama.

Untuk menghindarinya, pertimbangkan wewenang dan otoritas tautan tersebut agar menarik dalam konten Anda dan pembaca mampu mengikutinya untuk memastikan bahwa pengunjung bisa berselancar di situs itu tanpa banyak pertimbangan.

Ketiga ialah menjejalkan kata kunci. Terlalu banyak keyword dalam konten Anda mungkin bisa memicu efek berlawanan. Namun, tetao saja banyak orang melakukannya. Penjejalan kata kunci ini sia-sia saja, karena optimisasi adalah kunci satu-satunya. Anda harus fokus pada kepadatan kata kunci dalam konten yang ideal dan tidak mengganggu kualitas konten yang disajikan. Idealnya kepadatan itu adalah 2%. Fokuslah pada pembuatan konten berkualitas dengan penggunaan kata kunci yang alami sesuai aliran dan konteks dalam teks.

Keempat, Anda perlu memperhatikan bahaya konten ganda. Dalam banyak kasus, perusahaan dengan lebih dari 1 situs cenderung untuk mendaur ulang konten mereka, Anda mungkin bisa menemukan berbagai artikel yang sama di situs berbeda. Ini juga mungkin terjadi dengan mengikuti tautan tertentu dan menemukan konten yang sama dari situs induk. Jika Anda memiliki kecenderungan menerapkan strategi ini, kemungkinan besar bisnis online Anda tidak akan maju. Mengapa? Karena Google biasanya mengabaikan konten yang tidak orisinal.

Terakhir ialah mengabaikan jejaring sosial (social media). Pemasaran konten, penggunaan jejaring sosial dan optimisasi onsite (dalam situs) yang buruk juga akan melukai kinerja bisnis online Anda. Jadi jika Anda sudah memiliki konten orisinal, tautan yang sesuai dan relevan serta kata kunci yang alami dan tidak terlalu padat, saatnya Anda mengoptimalkan teknik SEO Anda dengan jejaring sosial.