Kita semua ingin meraup laba sebanyak mungkin dengan upaya dan energi
yang sesedikit mungkin. Namun, acap kali saat memaksimalkan margin laba
Anda, Anda harus terbentur dengan kualitas yang harus tetap dijaga. Hal
ini terutama berlaku bagi UMKM, yang banyak memiliki keterbatasan.
Untuk itu, entrepreneur Timothy Ferris memiliki 3 poin yang patut
dicamkan jika ingin menggenjot laba secara nyata dan maksimal. Berikut
penjelasannya sebagaimana disarikan dari laman Entrepreneur.com.
1. Repetisi: Gunakan metode beriklan 'direct response' yang
memungkinkan calon konsumen menelepon langsung atau mengakses situs
bisnis Anda sehingga bisa dipantau secara akurat hasilnya. Hindari
beriklan hanya untuk membangun brand awareness. Intinya, harus bisa
diukur dan dijelaskan dalam skema return of Investment.
2. Penetapan harga sebelum produk: Rencanakan sebuah skema penetapan
harga yang bisa disesuaikan di kemudian hari sehingga bisnis Anda tidak
terjebak dalam skema penjualan langsung ke konsumen. Nantinya, Anda
perlu pikirkan bagaimana jika ada reseller atau penyalur produk.
3. Lebih sedikit lebih baik: Batasi distribusi untuk genjot laba. Tak
semua distribusi otomatis bagus untuk UMKM. Hindari skenario yang
memberikan celah bagi distributor untuk mendiskon produk/ jasa di bawah
kisaran yang seharusnya. Jangan dibutakan laba jangka pendek, tetapi
fokuslah pada konsumen.