Internet dan media sosial telah menjadi bagian yang tidak terlepaskan
dari kehidupan manusia. Tak hanya saja, internet dan media sosial telah
memengaruhi cara berbisnis.Berbagai manfaat seperti murahnya biaya promosi, luasnya prospek area
pemasaran, hingga pembentukan loyalitas konsumen membuat media sosial
begitu menarik banyak minat pebisnis dengan berbagai tawaran produk dan
jasanya.
Berikut adalah tiga strategi promosi inovatif yang menggunakan
internet dan media sosial sebagai salah satu penunjang keberhasilan
dalam membentuk "brand awereness" produk serta jasa yang ditawarkan
seperti dilansir laman Entrepreneur.com:
Mendorong para pengguna jejaring sosial untuk tes produk di rumah sebelum membeli
Warby Parker adalah sebuah toko online berbasis di kota New York yang menjual berbagai jenis bingkai kacamata antik. Mereka memanfaatkan promosi melalui berbagai komunitas pencinta gaya antik di jejaring sosial dengan menawarkan mereka untuk mencoba berbagai bingkai kacamata sebelum benar-benar membelinya.
Warby Parker kemudian mengirimkan lima contoh bingkai kacamata kepada
yang berminat untuk dicoba selama lima hari dengan mengajak mereka
berbagi foto saat memakai kacamata tersebut di jejaring sosial seperti
Instagram, Twitter, dan Facebook. Setelah ditemukan bingkai kaca mata
yang sesuai dengan proporsi wajah, maka selanjutnya konsumen pun dapat
langsung melakukan pembayaran tanpa harus keluar dari rumah.
Membentuk komunitas tersendiri
BBQ Backyard adalah salah satu komunitas pecinta barbeque terbesar di dunia yang didirikan oleh Pork Barrel BBQ, sebuah jaringan resto, perusahaan katering, dan produsen saus barbeque yang berbasis di kota Alexandria, Virginia, AS.
Jika kebanyakan komunitas pecinta barbeque cenderung fokus kepada
para penikmatnya, BBQ Backyard justru mendorong para pecinta barbeque
untuk berani menunjukkan keahlian memanggang daging. Dalam komunitas
ini, para anggota dapat saling bertukar tips, resep, dan berbagai info
tentang barbeque.
Secara berkala, komunitas ini menghadirkan berbagai master barbeque
dunia guna meningkatkan kualitas para user dalam memanggang daging. Lalu
apa jualan BBQ Backyard? Pasokan daging, bumbu, serta saus dengan
kualitas terjamin yang siap jual dan diantarkan ke berbagai user di
seluruh dunia, bahkan juga tersedia dalam versi halal walaupun masih
sedikit kuotanya.
Ide yang dapat diambil adalah dengan kepuasan anggota dalam
berinteraksi di komunitas yang secara tidak langsung dapat diarahkan
untuk mengonsumsi berbagai produk yang ditawarkan oleh Pork Barrel BBQ.
Membangun aplikasi informatif dan berkelas tinggi
The Mermaid Inn, sebuah perusahaan kuliner yang mengoperasikan tiga restoran seafood besar di kota New York, AS, belum lama ini meluncurkan aplikasi khusus bagi pengguna iPhone dengan nama Oysterpedia.
Di sini disajikan lebih dari 200 jenis oyster atau tiram dengan
deretan informasi yang lengkap mulai dari kandungan gizi, tekstur
daging, rasa, serta varian menu yang dapat diolah. Mengapa tiram yang
diandalkan? Karena tiram merupakan menu yang prestisius di ketiga
restoran seafood milik The Mermaid Inn, dan dengan adanya Oysterpedia
maka konsumen mendapatkan gambaran jelas mengenai menu yang hendak
dibelinya.
Mereka pun dapat berbagi kesan, foto, dan video di berbagai jaringan
sosial sehingga terjadi promosi viral yang mampu meningkatkan jumlah
kunjungan konsumen ke ketiga restoran The Mermaid Inn tersebut