Brand adalah nyawa bisnis Anda. Saat
Anda sudah menemukan nama dan logo yang cocok untuk brand bisnis Anda,
itu saatnya Anda mencari cara memperkenalkan dan memasarkan brand
tersebut. Saat proses ini terpenuhi dengan baik, selanjutnya adalah
bagaimana cara kita membangun sebuah reputasi yang baik di masyarakat.
Dan membangun reputasi bukan hanya bagaimana Anda mengkomunikasikan itu
secara langsung kepada pelanggan. Tapi saat ini adalah bagaimana Anda
membangun reputasi online bisnis Anda. Karena seperti yang sudah kita
tahu, bahwa perkembangan teknologi membawa kita pada era online untuk
semua kegiatan, termasuk promosi bisnis. Dan untuk membangun reputasi
brand secara online, Anda bisa menyimak tips berikut ini.
1. Waspada
Dalam membangun reputasi bisnis Anda
secara online, Anda harus selalu memantau dan mendengarkan percakapan
apa yang terjadi pada akun atau postingan sosial media Anda. Apakah
mereka membicara bisnis, produk, layanan, pelayanan atau pesain Anda?
Atau apakah mereka justru tidak sedikitpun menyinggung bahasan itu. Anda
harus mampu memanfaatkan informasi itu. Dari percakapan yang ada, Anda
juga bisa menyaring mana yang memiliki bobot dan sekiranya berpengaruh
besar bagi bisnis Anda, seperti testimonial pelanggan dan pertanyaan
mereka seputar promo yang Anda adakan.
2. Jujur
Jaga kejujuran disaat Anda berniat
mencari kepercayaan dari pelanggan dan calon pelanggan Anda. Jika Anda
melakukan salah, jangan sungkan mengakuinya dan meminta maaf kepada
mereka. Jika masalah yang terjadi adalah kesalahan pada produk, maka
jujurlah pada pelanggan tentang apa yang terjadi. Orang – orang akan
lebih menghargai suatu komunikasi yang dilandasi kejujuran daripada
hanya mengumbar janji dan promosi semata.
3. Terbuka
Tidak mudah menemukan pribadi atau suatu
perusahaan yang mau terbuka kepada pelanggan mereka. Tapi keterbukaan
ini bukanlah hal yang salah jika dilakukan oleh bisnis Anda. Ketika
perusahaan, produk, layanan, atau karyawan Anda berada dibawah tekanan
dan serangan, maka ini akan sulit untuk bersikap tertutup. Tapi jika
Anda menunjukkan kesediaan untuk berbicara dan berbagi sedikit dengan
mereka, mereka akan menciptakan kesan keterbukaan antara bisnis dengan
pelanggannya. Dan mereka akan secara otomatis menciptakan pelanggan yang
setia untuk bisnis Anda.
4. Jadilah aktif
Sosial media bukan hanya tempat kita
melakukan promosi secara masal tanpa ada interaksi apapun. Usaha Anda
untuk menjalin hubungan baik dan komunikasi dengan pelanggan dapat
terwujud dari keaktifan Anda berinteraksi dengan mereka. Cobalah untuk
bisa menjadi teman dan pemberi solusi bagi setiap masalah bisnis yang
mereka hadapi. Saat mereka datang kepada bisnis Anda, mereka menaruh
harapan bahwa bisnis Anda mampu menjadi solusi bagi mereka. Dan tugas
Anda adalah menjadi lebih aktif untuk bertanya dan menyuguhkan solusi
bagi mereka.
5. Konsisten
Saat sebuah bisnis sudah mulai tumbuh
dan berkembang menjadi lebih besar, mereka akan dituntut untuk bisa
konsisten di segala bidang. Baik secara Visi Misi, planning kerja, atau
bahkan kegiatan promosi mereka. Penting bagi sebuah bisnis untuk bisa
menunjukkan konsistensi mereka dalam segala hal. Ini ditujukan untuk
benar – benar membentuk karakter bisnis tersebut dan juga membangun
reputasi baik secara online ataupun offline pelanggan mereka.
6. Kreatif
Teknologi akan terus berkembang,
begitupula sosial media. Dari mulai template, cara posting, hingga
audienspun akan terus berkembang. Ini yang memaksa pebisnis untuk bisa
lebih dan selalu kreatif dalam melakukan kegiatan promosi mereka.
Pebisnis juga harus kreatif dalam membentuk reputasi di masyarakat.
Banyak ide – ide yang bisa dikembangkan untuk bisa mendekatkan brand
kepada pelanggan. Kreatifitas ini yang akan membawa Anda untuk
mendapatkan bukan hanya reputasi tapi tentu saja pelanggan yang lebih
banyak lagi.
7. Tetaplah bangga
Penting bagi sebuah perusahaan memiliki
karyawan yang bangga terhadap Visi Misi yang akan dicapai oleh
perusahaan tersebut. Rasa bangga ini yang akan memacu karyawan untuk
memberikan yang terbaik bagi perusahaan tersebut. Kebanggan ini jugalah
yang akan membantu karyawan dalam mengenalkan perusahaannya kepada
masyarakat luas dan menciptakan reputasi baik di dalamnya. Karena
bagaimanapun masyarakat akan mudah percaya dari apa yang mereka dengar.
Baik buruk adalah kunci keberhasilan pembangunan reputasi bisnis di
masyarakat.
Selamat mencoba :)