Saveupdata.com - Dalam
dunia wirausaha untuk menjalankan sebuah usaha tentu memiliki beberapa
kendala yang mengancam kelangsungan usaha kita. Seperti halnya seorang
pesaing atau kompetitor yang membuka usaha sejenis seperti kita. pesaing
atau kompetitor biasanya adalah pemain baru yang membuka usaha sejenis
dengan kita yang letaknya berdekatan dengan kita bahkan bersebelahan,
namun ada juga kompetitor yang sudah terlebih dulu membuka usaha sejenis
sebelum kita. Berikut Tips Wirausaha Menghadapi Pesaing Usaha.
1. Mempelajari Perilaku Kompetitor Usaha
1. Mempelajari Perilaku Kompetitor Usaha
Mengetahui
harga jual yang dipatok oleh pesaing dan keuntungan yang di dapat dari
harga jual tersebut.Selain itu anda harus tahu kapan usaha si pesaing
ramai pengunjung dan sepinya. Hal ini sengaja dilakukan agar anda bisa
meniru perilaku tersebut bahkan lebih dari si pesaing atau kempetitor
tersebut.
2. Memahami Karakter Usaha Anda
2. Memahami Karakter Usaha Anda
Pahami karakter
dan seluk beluk usaha anda sendiri ini bertujuan untuk menghasilkan
profit dan income sesuai target, dimulai dari target pasar, tujuan anda
mendirikan usaha ini, harga jual dan laa bersih ini. Patoklah harga yang
cukup relevan agar terjadi persaingan secara sehat.
3. Amati Tiru dan Modifikasi
Jika anda adalah pemain baru dalam sebuah usaha yang belum begitu anda ketahui, cobalah untuk melakukan sistem ini. Amati yang si pesaing lakukan untuk menarik pengunjung atau konsumen dan tirulah cara tersebut kemudian lakukan modifikasi atau melakukan pengoptimalan agar anda lebih dari si pesaing itu. Cara ini cukup efektif.
4. Memberi Potongan Harga Atau Diskon
Berikan potongan harga terhadap konsumen yang membeli dengan produk yang cukup banyak. Dari strategi ini terlihat perbandingan harga yang cukup jauh, hal ini akan menarik minat konsumen untuk datang kembali ketempat anda. Intinya, jangan takut untuk membuat terobosan yang akan dinilai positif dan membuat pelanggan betah datang ke usaha kita.
5. Mencari Mitra Usaha
Mitra Usaha ini ada beberapa jenis untuk dilakukan, seperti mencari mitra usaha untuk menanam saham di usaha kita, hal ini akan membuat jumlah pengeluaran modal anda menjadi lebih ringan. Dan ada mitra usaha untuk mempromosikan barang atau produk yang kita jajakan untuk dilakukan pemasaran oleh mitra usaha anda.
6. Ramah dan Mau Membantu
Ramah dan mau membantu pelanggan adalah kunci dalam wirausaha terutama di bidang jasa, begitu juga dalam menghadapi pesaing usaha. usahakan lebih ramah kapada konsumen di bandingkan pesaing usaha anda pada pelanggan mereka. Bantu apa yang pelanggan inginkan sebisa kita, tetap ramah terhadap konsumen yang bawel sekalipun.
7. Jujur
Saya rasa hal ini adalah hal utama yang harus anda lakukan pada setiap konsumen yang datang, karena jika kita jujur maka konsumen pun akan menghargainya dan kemungkinan bisa menjadi pelanggan tetap. Biasanya kejujuran ini harus ditanamkan pada semua karyawan anda, karena karyawan lah suka membisninskan konsumen anda.
3. Amati Tiru dan Modifikasi
Jika anda adalah pemain baru dalam sebuah usaha yang belum begitu anda ketahui, cobalah untuk melakukan sistem ini. Amati yang si pesaing lakukan untuk menarik pengunjung atau konsumen dan tirulah cara tersebut kemudian lakukan modifikasi atau melakukan pengoptimalan agar anda lebih dari si pesaing itu. Cara ini cukup efektif.
4. Memberi Potongan Harga Atau Diskon
Berikan potongan harga terhadap konsumen yang membeli dengan produk yang cukup banyak. Dari strategi ini terlihat perbandingan harga yang cukup jauh, hal ini akan menarik minat konsumen untuk datang kembali ketempat anda. Intinya, jangan takut untuk membuat terobosan yang akan dinilai positif dan membuat pelanggan betah datang ke usaha kita.
5. Mencari Mitra Usaha
Mitra Usaha ini ada beberapa jenis untuk dilakukan, seperti mencari mitra usaha untuk menanam saham di usaha kita, hal ini akan membuat jumlah pengeluaran modal anda menjadi lebih ringan. Dan ada mitra usaha untuk mempromosikan barang atau produk yang kita jajakan untuk dilakukan pemasaran oleh mitra usaha anda.
6. Ramah dan Mau Membantu
Ramah dan mau membantu pelanggan adalah kunci dalam wirausaha terutama di bidang jasa, begitu juga dalam menghadapi pesaing usaha. usahakan lebih ramah kapada konsumen di bandingkan pesaing usaha anda pada pelanggan mereka. Bantu apa yang pelanggan inginkan sebisa kita, tetap ramah terhadap konsumen yang bawel sekalipun.
7. Jujur
Saya rasa hal ini adalah hal utama yang harus anda lakukan pada setiap konsumen yang datang, karena jika kita jujur maka konsumen pun akan menghargainya dan kemungkinan bisa menjadi pelanggan tetap. Biasanya kejujuran ini harus ditanamkan pada semua karyawan anda, karena karyawan lah suka membisninskan konsumen anda.