Know Your Customer

Ini adalah salah satu faktor terpenting dalam menjalankan suatu bisnis, yaitu anda harus tahu siapa saja orang yang termasuk customer anda. Bahkan ketika anda sedang berjalan di suatu mall, anda harus tahu siapa saja orang yang sedang berbelanja di mall tersebut yang termasuk customer anda. Untuk membangun bisnis yang sustainable, anda harus memiliki strategi bisnis yang matang dan juga jelas. Strategi bisnis yang matang dan jelas ini berasal dari pemahaman customer yang mendalam. Tanpa mengetahui siapa customer anda sebenarnya, anda tidak akan bisa membangun suatu strategi yang tepat untuk membangun bisnis anda.

Contohnya adalah dengan memahami bagaimana “orang kantoran” itu berbelanja online. Biasanya, mereka mulai mencari-cari barang di saat jam kantor ataupun saat makan siang. Polanya adalah mereka browsing, lalu menemukan barang yang ingin dibeli, melihat harganya, menghubungi penjualnya, lalu mereka membandingkan harganya dengan penjual lainnya.

Menurut anda, apakah orang ini akan memilih penjual dengan harga murah atau penjual yang paling responsif?

Ternyata, hasil riset berdasarkan pengalaman Zaky ( CEO Bukalapak.com ) adalah orang kantoran cenderung lebih suka pada penjual yang responsif dibandingkan penjual yang menjual barangnya sedikit lebih murah dibanding yang lainnya karena pada dasarnya orang kantoran adalah orang yang sibuk yang tidak mempunyai waktu hanya untuk menunggu kabar dari para penjual. Itulah kenapa mereka lebih memilih penjual yang segera merespon pemesanan mereka dan langsung membayar pesanan barang tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa kasus ini hanya berlaku pada produk jenis tertentu dengan perbedaaan harga yang tidak begitu jauh. Tapi yang perlu ditekankan pada kasus ini adalah fast response termasuk kunci utama kesuksesan suatu bisnis jualan secara online.

Kasus di atas adalah kasus customer yang berbelanja online di siang hari yang sangat jauh berbeda jika anda membandingkannya dengan customer yang mencari barang di malam hari. Customer yang berbelanja di malam hari cenderung tidak peduli dengan kecepatan respon dari penjual karena biasanya customer pada malam hari memiliki waktu yang lebih banyak untuk menunggu respon dari penjual dan mereka bisa melakukan hal lain sembari menunggu respon tersebut. Umumnya mereka mencari barang dengan harga yang lebih rendah tapi dengan kualitas yang tetap tinggi. Walau bagaimanapun juga, jika anda bisa menawarkan pelayanan dengan respon yang cepat dan memahami siapa customer anda secara mendalam, kenapa tidak?