Hampir setiap platform e-commerce menawarkan suatu cara agar penjual bisa menampilkan produk yang relevan.
Jika suatu pemilik atau manager bisnis e-commerce sedang mencari suatu cara untuk memanfaatkan hal ini, sebaiknya segeralah menambahkan produk upsell dan cross-sell pada produk-produk yang ada di website anda, atau anda akan kehilangan banyak penjualan jika tidak melakukan hal ini.
Upselling adalah suatu cara untuk mendorong customer untuk membeli produk yang mirip dengan produk yang sedang ia lihat saat itu, tapi produk tersebut memiliki harga jual atau margin yang lebih tinggi. Sedangkan cross-selling adalah proses untuk mendorong customer agar mereka mau membeli produk pelengkap dari produk yang baru saja mereka beli atau produk yang menarik bagi mereka.
Dalam kenyataannya, upsell dan cross-sell yang ditawarkan dalam suatu toko online ditampilkan pada halaman detil produk atau selama proses checkout.
Dengan menggunakan data yang anda miliki, coba tawarkan produk upsell dan cross-sell yang memiliki tingkat kemungkinan yang tinggi agar customer terdorong
untuk menambahkan barang itu ke dalam keranjang belanja mereka, ini
akan meningkatkan jumlah harga pada pesanan mereka.
Bagi penjual online, terkadang anda tidak perlu mengganti software untuk melakukan hal ini, anda hanya membutuhkan sedikit riset agar anda bisa menampilkan produk yang tepat.