Bukan cuma para pengusaha sebagai pemasok produk barang atau
jasa saja yang perlu informasi, tetapi konsumen pun memerlukan berbagai
informasi untuk membantu mereka mencari aneka produk atau jasa yang
mereka cari selama ini. Nah, ada 4 (empat) sumber informasi yang dapat
membantu konsumen menemukan produk atau jasa yang layak mereka beli
untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, diantaranya :
1. Pertama, sumber komersial yang sifatnya lebih banyak
memberitahukan hal-hal seputar produk. Iklan merupakan sumber informasi
komersial yang potensial dalam meraih calon pembeli. Iklan disini bisa
disebarluaskan dengan berbagai media cetak, elektronik, maupun audio,
visual dan audio visual.
2. Kedua, sumber personal. Sifatnya lebih banyak memberikan
penilaian dan memperkuat informasi produk yang diterima calon pembeli.
3. Ketiga, sumber publik, berupa kecenderungan publik dalam
mengapresiasi suatu produk. Informasi yang diberikan biasanya melalui
sebuah survei atau polling pendapat berkenaan dengan suatu jenis produk.
Saat ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan jasa publisitas baik
itu berupa demo produk, event maupun testimoni orang-orang terkenal.
4. Keempat, sumber pengalaman, berupa pengalaman sebelumnya
berkaitan dengan penggunaan produk untuk memenuhi suatu kebutuhan. Pada
beberapa orang, pengalaman yang beredar dari mulut ke mulut lebih
banyak dan lebih efektif mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian
barang. Salah satunya, ketika pengusaha menjual barangnya menjauhi
sumpah yang berlebihan dalam menjual suatu barang, seperti sabda Nabi
SAW,
“Sumpah dengan maksud melariskan barang dagangan adalah penghapus berkah.” (HR. Bukhori dan Muslim).
Sikap diatas bukan saja membawa berkah, namun akan menjadi
marketingefektif dari mulut ke mulut. bahasa sekarang malah dari mulut
ke mulut akhirnya sampai ke telinga. So, Anda sebagai Business Owner
sebenarnya adalah seorang Marketer, dan Marketer adalah seorang pemberi
Informasi yang baik untuk Konsumen.
Oleh : @RiskyIrawanID