Kita semua tahu bahwa entrepreneur yang bergairah dengan produk
mereka sendiri percaya bahwa produk mereka yang mengagumkan ini akan
menjual dengan sendirinya, berdasarkan pendapat mereka belaka. Walaupun
keadaan seperti ini bisa terjadi di zaman penjualan mobil Ford, keadaan
seperti ini sudah tidak terjadi lagi sejak 60 tahun yang lalu.
Bisnis startup menghadapi tantangan mendasar dalam pengambilan
pilihan yang sulit. Haruskah anda menggunakan sumber daya yang terbatas
untuk fokus membangun produk yang hebat dan percaya bahwa orang-orang
akan datang dengan sendirinya atau haruskah anda menghabiskan uang untuk
membangun produk yang bagus dan melakukan marketing agar customer
datang kepada anda? Jika produk anda tidak ada duanya mungkin bisa saja
anda memiliki pilihan pertama. Sedangkan orang-orang yang biasa harus
melakukan berbagai jalan untuk menarik perhatian customer.
Sebagai startup, anda jelas harus berhemat dan memperhatikan
penggunaan uang. Tetapi marketing adalah salah satu kebutuhan bisnis
yang tidak bisa dihindarkan. Masih banyak yang bisa anda raih dengan
dana yang kecil atau bahkan tidak ada dana, anda bisa bermodalkan
semangat untuk keluar dan promosikan bisnis anda ke target pasar anda.
Manfaatkan blog, platform sosial media, email marketing bahkan word of mouth untuk menciptakan awareness brand anda dan mendorong customer kepada anda.
Sumber: smedio.com