Kunci Sukses : Pertimbangan Sebelum Terjun di Bisnis Waralaba





Bisnis waralaba di Indonesia makin menjamur. Waralaba disebut-sebut sebagai alternatif berbisnis bagi Anda yang tak ingin kerepotan memikirkan konsep bisnis.
Meski begitu, tak semua waralaba cocok dengan Anda. Selain itu, perkembangan bisnis walaba juga sangat tergantung pada daya beli dan perubahan gaya hidup masyarakat.
Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan Anda sebelum memutuskan terjun di bisnis waralaba:

1. Pilih jenis waralaba Anda
Sebelum memulai bisnis waralaba, pastikan Anda tahu pasti jenis waralaba yang ingin Anda buka. Ada enam jenis waralaba yang paling banyak diminati akhir-akhir ini. Enam jenis bisnis itu adalah makanan dan minuman, pendidikan macam kursus, dan klinik kecantikan. Adapun tiga sektor lainnya adalah minimarket, pelayanan cuci hingga otomotif, yakni bengkel dan pencucian mobil. Pastikan jenis bisnis waralaba sesuai dengan karakter Anda.

2. Pertimbangkan margin profit
Untuk memilih waralaba, perhatikan juga margin keuntungannya. Keuntungan kotor yang bisa diraih bisa mencapai 60 persen pada sektor makanan dan minuman, asalkan dapat menekan harga pokok produksi menjadi sekitar 40 persen. Tapi, tentunya memiliki bisnis waralaba makanan dan minuman ini risikonya lebih besar dibandingkan bidang lain.

3. Cari tahu modal dan lama investasi
Sebelum membuka bisnis waralaba, Anda harus tahu dulu berapa modal yang siap Anda keluarkan dan berapa lama modal Anda bisa kembali. Meskipun keuntungan dari bisnis waralaba adalah kesiapan sistem, fasilitas dan nama besarnya, mendapatkan keuntungan dan kembalinya modal tentunya tetap bukan sesuatu yang bisa langsung didapatkan.

4. Waktu persiapan
Bisnis waralaba dinilai sebagai bisnis yang setengah jadi karena pembeli franchise tidak perlu memikirkan konsep, mencari pemasok bahan baku, maupun mereknya. Tapi, persiapan matang tetap perlu dilakukan. Idealnya, waktu yang dibutuhkan calon franchisee hingga membuka waralaba adalah sekitar 2-3 bulan. 


 (as/dari berbagai sumber)