Dari tahun ke tahun bisnis kemitran atau yang biasa disebut waralaba
semakin menjamur. Menurut data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI),
jumlah waralaba di tahun 2010 sampai sekarang 2015 mencapai 1.700 merek dengan tak kurang
dari 3.000 unit gerai. Dari jumlah ini perputaran uang yang ada sekitar
Rp 114 triliun.
Namun bukanlah hal mudah bagi pemilik merek atau franchisor dalam
memperoleh kepercayaan dari calon franchisee untuk membeli lisensinya.
Diperlukan persiapan matang dan lengkap sebelum franchisor dapat
memasarkan bisnisnya kepada calon pemodal. Apa sajakah hal yang harus
dilakukan oleh franchisor untuk dapat memenuhi syarat sebagai franchisor
yang tangguh?
Konsep yang matang
Buatlah sebuah konsep bisnis waralaba yang dapat menarik minat dari
calon pembeli merek atau franchisee, konsep bisnis inilah senjata utama
dalam membangun sebuah bisnis waralaba. Sebuah produk usaha tidak bisa
begitu saja diwaralabakan. Bisnis ini memerlukan bukti ketangguhan di
lapangan. Diperlukan waktu sampai calon pembeli merek melihat kesuksesan
bisnis tersebut. Konsep bisnis ini meliputi program promosi dan
keuntungan yang didapat.
Bentuk tim
Bentuklah sebuah tim yang dapat membantu kita dalam membangun Bisnis
Waralaba ini, baik dalam segi strategi bisnis, hukum serta etika
franchise. Tim inilah juga yang nantinya membentuk format mengenai
dukungan yang dapat diberikan kepada franchisee dalam menegatasi masalah
yang mucul di lapangan. Hal ini jugalah yang dapat kita jual kepada
calon franchisee sebagai daya tarik franchise kita.
Buat produk seunik mungkin
Persaingan waralaba yang semakin ketat mengharuskan para pengusaha
untuk berinovasi. Buat keunikan dari barang atau jasa yang akan dijual,
karena hal inilah yang dapat menentukan laku atau tidaknya barang atau
jasa yang kita jual kepada konsumen, dan juga memudahkan kita untuk
melakukan penetrasi pasar dalam persaingan dengan perusahaan lain yang
sejenis.
Buat paket-paket yang menarik
Susunlah secara menarik paket-paket waralaba yang dapat dipilih oleh
calon pembeli merek. Semakin banyak paket yang ditawarkan, calon
franchisee pun semakin mudah memilih franchise kita sesuai dengan
kemampuannnya. Paket-paket ini dapat dibedakan dari harga, dukungan
fasilitas yang diperoleh.
Konsultasi
Berkonsultasilah dengan pihak yang sudah berpengalaman di bidang
Bisnis Waralaba atau konsultan untuk memastikan legalitas usaha kita.
Ketahuilah dasar-dasar waralaba dan peraturan-peraturannya.
Kenalkan dan jual
Setelah semua matang, mulailah lakukan pengenalan dan pemasaran
merek dan system kita kepada konsumen dan calon franchisee. Saat ini
banyak pameran waralaba yang digelar di kota-kota besar, partisipasilah
dalam pameran tersebut. (bn/dari berbagai sumber)