Sebagai
pebisnis di era digital, Anda mungkin sudah memiliki situs bisnis.
Penting bagi Anda agar situs bisnis tersebut tertampil di halaman hasil
pencarian Google, yang kini menjadi mesin pencari yang paling sering
digunakan.
Tautan (link) ke situs bisnis menjadi
alat yang ampuh untuk meningkatkan peringkat di halaman mesin pencari
dan menjaring pengunjung, yang akhirnya akan menjadi konsumen produk dan
mitra bisnis Anda. Dan salah satu ruang digital yang memungkinkan kita
untuk meningkatkan jumlah tautan ialah jejaring sosial seperti
Facebook, Twitter, LinkedIn, Google Plus, dan sebagainya.
Tautan dari situs-situs penting dan
relevan memang telah lama diyakini sebagai cara terbaik untuk
mendapatkan traffic (kunjungan)bagi situs bisnis. Lalu pertanyaannya
kemudian bagaimana Google menilai tautan yang berasal dari platform
jejaring sosial yang mengarah ke situs bisnis kita? Apakah akan membantu
naik tidaknya peringkat situs bisnis?
Pada dasarnya, Google memperlakukan
semua tautan dengan setara. Tidak ada yang dianakemaskan atau
dianaktirikan. Google menggunakan page rank untuk mengklasifikasikan
situs-situs menurut tingkat reputasi. Jadi tidak cuma jumlah tautan yang
mengarah ke sebuah situs tetapi juga seberapa tepercayanya
tautan-tautan tersebut.
Bukan masalah jika tautan itu berasal
dari domain yang berbeda seperti .gov, atau .edu. Aturan yang sama juga
berlaku pada situs-situs jejaring sosial.
Satu hal yang patut diperhatikan ialah
bahwa sebagian profil atau laman di dalam jejaring sosial tidaklah
terbuka untuk publik (meski sebagian besar memang terbuka/ publik).
Google hanya bisa memberikan Google Page Rank jika sebuah situs atau
laman web terbuka untuk akses publik. Jika bot dari Google bisa
mengaksesnya (dengan crawling), tautan itu juga akan berguna.
Namun, lain halnya dengan tautan dari
Twitter. Karena mayoritas tautan di Twitter cenderung bersifat 'no
follow' agar mencegah spam semaksimal mungkin dari pihak-pihak lain yang
tidak bertanggung jawab. Dalam hal ini, tautan dari Twitter biasanya
tidak banyak membantu peringkat situs bisnis