Bisnis
online semakin merajalela, berbagai cara dan kemampuan teknologi pun
semakin berkembang. Banyak bisnis online yang di jalankan melalui media
social, facebook, twitter dan ada juga media social Instagram awalnya
diciptakan sebagai sosial media untuk upload gambar atau foto dari
smartphone. Sama halnya seperti sosial media lain, fungsinya pun
bergeser pula seiring banyaknya bisnis yang menggunakannya untuk
keperluan marketing. Tidak jarang kita temui online shop yang
menggunakannya sebagai sarana untuk promosi. Sebab pengguna Instagram
jumlahnya banyak dan aktif (justru mungkin lebih aktif dibanding
Facebook).
1. Unggah foto produk terbaik
Ketika
kita menggunakan Instagram di handphone untuk mengambil foto sebuah
produk. Tentu saja hasilnya tidak akan sebagus ketika kita mengambil
gambar produk dengan menggunakan kamera yang bagus. Sehingga kita perlu
selektif memilih gambar terbaik sebelum kita upload ke Instagram.
2. Jangan terlalu banyak effec
Foto
yang kita upload tentu saja banyak kekurangannya, sehingga sudah pasti
kita akan menggunakan fasilitas edit gambar di Instagram. Namun alangkah
baiknya ketika hendak edit foto, kita mempertimbangkan pula kondisi
barang yang akan kita jual. Agar transaksi yang goal dari Instagram
tidak mengecewakan customer, karena barang yang mereka dapatkan tidak
sesuai dengan fotonya.
3. Follow sebanyak-banyaknya
Banyak
orang yang enggan untuk memfollow lebih dulu. Namun ketika kita bicara
tentang bisnis pada umumnya, jangan pernah sungkan. Anda dapat
berinisiatif untuk follow calon pelanggan terlebih dahulu. Sehingga
mereka bisa mencari tahu siapa kita dari foto-foto milik kita ketika
kita memfollow mereka.
4. Gunakan nama akun yang mudah diingat
Ketika
Anda memilih nama akun untuk berbisnis melalui sosial media seperti
Instagram, maka Anda perlu memperhatikan pemilihan nama akun Anda.
Karena bagaimanapun, nama yang mudah diingat dan menarik adalah nama
yang akan dicari calon pembeli ketika mereka tertarik dengan produk
kita.
5. Tunjukkan bagaimana cara pembuatan
Apabila
barang yang kita jual berupa makanan atau minuman. Kita juga bisa
mengupload gambar proses pembuatannya. Atau video (Instagram telah mendukung upload video). Tidak perlu semuanya, namun hanya proses
intinya saja. Sehingga para pembeli tidak penasaran dengan asal – usul
barang yang ingin kita jual. Kita juga bisa menunjukkan gambar dari
proses perencanaan hingga pengiriman.
6. Tunjukkan kegunaan produk
Apa
yang pembeli inginkan adalah apa yang mereka butuhkan. Sehingga produk
yang ingin mereka beli adalah produk yang mereka butuhkan. Sehingga
sangat perlu kita menunjukkan gambar dari kegunaan produk tersebut. Hal
ini tentu saja sangat berguna bagi pembeli yang tidak tahu produk apa
yang kita jual. Seperti make-up, tentu saja para konsumen memerlukan
bukti atau sekedar demo bagaimana produk tersebut digunakan.
7. Tunjukkan foto toko offline Anda
Apabila
Anda memiliki toko online yang sekaligus toko offline, Anda juga perlu
menunjukkan kepada pelanggan tentang bagaimana toko Anda. Tidak perlu
gambar keseluruhan bagian dari toko Anda. Hanya seperti nampak toko
bagian depan, dan jika ada, nama jalan yang akan menunjukkan konsumen ke
toko offline Anda. Sehingga apabila konsumen ingin berkunjung langsung,
mereka mudah mengenali gambar toko anda. Hal ini cocok untuk usaha
seperti usaha kuliner.
8. Berbagi foto Behind the scene
Iklan
merupakan suatu hal yang penting bagi usaha. Ketika kita membuat iklan
meskipun tidak berskala besar. Namun perlu rasanya kita menunjukkan juga
bagaimana proses iklan tersebut dibuat. Berikan followers atau
pelanggan Anda kesan seolah olah mereka memiliki akses backstage dari pembuatan iklan Anda.
9. Tunjukkan foto event
Ketika
kita memilih untuk membuka bisnis, tentu saja kita akan mencari tahu
event apa yang sedang atau ingin diadakan yang berkaitan dengan bisnis.
Dan kita juga perlu untuk sedikit berbagi kepada para pelanggan tentang
event yang sedang kita ikuti. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mengenalkan
apa saja kegiatan kita selain berjualan.
10. Berikan sedikit hiburan
Perlu
kita ketahui, jika tujuan dari instagram didirikan adalah agar setiap
orang berbagi foto ataupun video. Agar tidak terlalu monoton. Kita juga
bisa memberikan sedikit hiburan, seperti memberikan foto lucu, atau
video lucu. Namun tidak mengurangi kapasitas foto produk yang ingin kita
jual. Dan bagi para followers juga tidak akan menolak jika kita
mengunggah foto – foto lucu.