6 Strategi untuk Mengembangbiakan Tabungan



Memiliki tabungan bersaldo ratusan juta atau miliaran rupiah bagi sebagian orang bukan lagi mimpi. Namun, mempertahankan uang sebesar itu di dalam tabungan merupakan target besar yang membutuhkan rencana ketat.
 
Coba ambil selebaran penawaran tabungan rencana dari bank, entah berapa banyak pengorbanan yang harus Anda keluarkan untuk meraih uang sebesar itu.

Tentu saja, semua impian ini memang begitu indah dalam teori.
Namun mimpi itu bukannya tak mungkin tergapai. Mengutip laman fool.com,  Anda bisa mengikuti 6 strategi berikut ini untuk mengembangbiakan tabungan:

1. Sisihkan Uang
Menyimpan uang dalam daftar pengeluaran Anda merupakan prioritas utama. Bila perlu jadikan alokasi ini sebagai bagian terpenting sebelum tagihan.

Satu-satunya jalan untuk memastikan Anda memiliki simpanan dengan agresif adalah dengan menyimpan uang sebelum tagihan KPR, kredit mobil, bahkan belanja belanja bulan.

2. Mulailah sesegara mungkin
Seperti kebanyakan promo tabungan berencana, semakin cepat Anda menyimpan uang semakin mudah menggapai mimpi tabungan miliaran rupiah. Namun tetap ingat, jangan lantas Anda tergoda untuk menyimpan uang besar hanya untuk mengejar mimpi itu.
Seberapa besarpun uang yang Anda simpan, takkan mampu mengejar orang-orang yang sudah memulai kebiasaan ini terlebih dahulu.

3. Strategi Rp 500 ribu
Sejumlah rencana tabungan biasanya menawarkan batas minimal uang yang harus disetor per bulan. Biasanya setiap tahun, bank akan menaikkan batas minimal dari setoran tahunan yang biasa Anda bayarkan.
Pendekatan ini memang terbilang lambat namun bisa membawa Anda mencapai tujuan. Syaratnya, Anda harus bisa memastikan gaji bulanan selalu mengalami kenaikan setiap tahun.

4. Simpan uang kenaikan gaji
Andaikan anda saat ini mampu menghasilkan gaji Rp 4,5 juta per bulan, Anda harus mematok target kenaikan tahunan sebesar 5 persen per tahun.
Jika rencana ini tercapai, jangan lantas menambah alokasi uang belanja Anda. Sisihkan kenaikan gaji itu untuk disimpan dalam tabungan.

5. Tingkatnya pendapatan bukan belanja
Jika Anda tak bisa menikmati kenaikan gaji, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan. Perluas cakrawala dan mulailah mengeksplorasi sumber-sumber pemasukan lain diluar gaji bulanan yang Anda terima.

6. Jangan takut ambil risiko
Akhirnya, Anda memang tak bisa sepenuhnya mengandalkan tambahan nilai tabungan hanya dengan menggantungkan cara-cara konvensional. Mulai untuk mempelajari bentuk investasi lain yang tentunya memiliki risiko tersendiri.
Lagi-lagi, semakin cepat Anda memutuskan untuk mengambil risiko, semakin cepat tabungan Anda berkembang biak.