Hindari Barang-Barang Ini Di Kamar Tidur Anak





Saat anak mulai bertumbuh besar, Sahabat tentu ingin mengajarkan kemandirian pada dirinya dengan mulai menyediakan kamar tidur yang terpisah. Nah, dalam menyediakan kamar anak, juga butuh pengawasan dari orang tua untuk mengurangi hal-hal buruk yang mungkin terjadi seperti, anak terjatuh, konslet listrik yang mengakibatkan kebakaran, dll. Untuk itu,  Perlu memperhatikan barang-barang apa saja yang perlu ada atau tidak perlu ada di ruang kamar anak. Berikut beberapa barang yang sebaiknya tidak perlu ada di kamar anak:

Tali
Jangan biarkan tali terletak dikamar . Usahakan tali tirai pada jendela kamar anak dalam posisi tak mudah teraih oleh anak. Bermain dengan tali tanpa pengawasan orangtua merupakan hal yang berbahaya, karena bila tidak disengaja dapat membuat anak terlilit atau tercekik oleh tali tersebut.

Stop Kontak
Pilihlah stop kontak yang dilengkapi oleh penutup ataupun pelindung dan tempatkan ditempat tersembunyi, seperti di samping lemari atau furniture lain agar tidak menarik perhatian anak untuk memainkannya.

Alat Elektronik
Sebaiknya  tidak menaruh alat elektronik di kamar anak, seperti misalnya televisi ataupun laptop. Terlalu lama menonton televisi dapat bukanlah hal yang baik untuk anak . Harus tetap mengawasi tontonan yang anak konsumsi. Selain itu, meletakan televisi atau laptop di kamar membuat anak menjadi terbiasa untuk menyendiri karena merasa kebutuhannya baik hiburan maupun informasi dapat dengan mudah didapatinya,

Barang pecah belah
Untuk penggunaan lampu atau hiasan ruangan sebaiknya tidak langsung berupa kaca. Seperti untuk lampu hias atau lampu tidur bisa dilapisi dengan bahan yang aman untuk anak dan hiasan dikamar seperti figura foto ataupun pajangan sebaiknya tidak diletakan pada tempat yang teraih, karena barang-barang yang terbuat dari kaca akan melukai anak ,ketika terjatuh baik disengaja maupun tidak disengaja.