Tips Membuat Ruang Keluarga Nyaman dan Sejuk

Sahabat Wirausaha Muda, apa kamu tipikal orang yang suka berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga? Jika ya, kamu pasti selalu mengidamkan ruang keluarga yang bisa mengakomodir semua kegiatan keuarga kamu, dari mulai hanya duduk santai sambil bertukar cerita atau nonton film kesukaan bersama. Selain itu, kamu juga pasti ingin keluarga kamu nyama kan?


Nah kalau begitu, hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah kesejukan ruangan keluarga Anda, karena hal ini merupakan faktor penentu dalam ruang keluarga yang bersifat refreshing. Untuk itulah dibutuhkan desain ruang yang baik agar udara dalam ruang dapat bergerak bebas, sirkulasi udara menjadi lancar dan tercipta kesejukan secara alami dalam ruang. Sehingga keluarga kamu pun riang selama ada di rumah.

Untuk menghasilkan udara sejuk ini, Kami akan memberikan beberapa tips supaya ruang keluarga kamu nyaman dan sejuk. Semoga bermanfaat ya.

1. Anda harus menentukan posisi ruang keluarga dalam rumah. Sebaiknya ruang keluarga berada pada posisi yang langsung mendapat udara luar dan mudah di akses oleh seluruh anggota keluarga.

2. Ruang keluarga kamu harus memiliki bukaan. Ruang keluarga sebaiknya mendapat bukaan/pintu-jendela yang langsung menuju ruang luar. Ruang luar dapat juga dihadirkan melalui pembuatan innercourt atau taman indoor. Hal ini menjaga agar penghawaan alami dalam ruang tetap terjaga dan udara sejuk tetap dapat dihadirkan dalam ruang.

3. Tentukan layout ruang keluarga. Perletakan komponen ruang, seperti furnitur dan dekorasi, sebaiknya tidak menghalangi sirkulasi, baik sirkulasi pengguna maupun sirkulasi udara dalam ruang. Misal, furnitur yang tinggi atau besar tidak diletakkan di depan bukaan/jendela karena dapat menghalangi sirkulasi udara.

4. Sesuaikan dimensi ruang. Sesuaikan dimensi ruang dengan kebutuhan anggota keluarga. Semakin banyak pengguna atau anggota keluarga, maka sebaiknya ruang juga semakin luas agar tidak terkesan sumpek.

5. Memilih furniture yang tepat. Pemilihan furnitur juga disesuaikan dengan konsep yang dipilih untuk ruang keluarga. Untuk kamu yang memiliki ruang keluarga tidak terlalu luas, pilihlah konsep-konsep yang minimalis dengan furnitur sederhana atau simple sehingga ruang tidak berkesan sempit.

Semoga ruangan yang Anda idamkan bisa terwujud , selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.



Penulis : Nurma
foto : spectrum