Hebat : SAKA UGM Raih Juara Umum Festival Folklore di Ceko

Pada festival folklore internasional yang diselenggarakan di Ceko, Sanggar Kesenian Aceh (SAKA) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi juara umum setelah membawa pulang sejumlah penghargaan. Tidak tanggung-tanggung, mereka meraih dua penghargaan sekaligus.

Penghargaan yang diraih yakni 1st Place Grand Prix Winner Highest Valuable Prize for Folklore Category dan Best Art Director. Festival ini sendiri diselenggarakan di Kota Praha, Republik Ceko.

Ketua delegasi SAKA UGM, Aulia Jasmine, mengatakan bahwa timnya menampilkan dua tarian yaitu Tari Likok Pulo untuk lomba dan Tari Rampoe pada awarding night.

"Kompetisi ini diikuti 39 partisipan dari berbagai negara di dunia seperti India, Bulgaria, Rusia, Latvia, Ceko, Spanyol, dan masih banyak lagi," ungkapnya, mengutip dari laman resmi UGM, Senin (9/11/2015).

Sebelum bertanding, Tim SAKA UGM telah mempersiapkan diri selama empat bulan. Selain itu, mereka juga mengikuti rangkaian festival lain di kota yang sama yakni XVIII International Folklore Festival in Prague.

Jasmine menambahkan, prestasi yang diraih Tim SAKA UGM tersebut tak lepas dari dukungan pimpinan UGM, Kemenpora, Kemdikbud, KAGAMA, serta KBRI di Republik Ceko.

"Melalui prestasi ini diharapkan Indonesia kian percaya diri dalam menunjukkan budayanya kepada dunia," tambahnya. (afr)


Penulis : okezone.com



Kategori Artikel : Info Kampus