Bagaimana Anda mengubah pelanggan baru
menjadi pelanggan tetap? Sue McCarthy dari Resale Royalty mengatakan
rahasianya sederhana. “Selalu melakukan apa yang benar – untuk
pelanggan, pemasok, dan diri Anda sendiri. Jika Anda beroperasi dengan
integritas, Anda menjaga semua orang datang kembali,” jelasnya.
Perlakukan pemasok seperti mitra
Ketika Anda menghargai pemasok, mereka
akan menghargai Anda. McCarthy mengatakan, keberhasilan Anda ada di
tangan mereka dan mereka sering menawarkan barang atau jasa terbaik
dengan harga terbaik. Akibatnya, pelanggan akan menemukan Anda sebagai
sumber terpercaya, baik dalam produk atau layanan.
McCarthy adalah wanita yang menjual
pakaian dan aksesoris dari pemasok. Dia harus membuat mereka setuju
untuk menjual barang-barang mereka dengan harga di mana dia bisa
mendapatkan keuntungan. McCarthy mendorong pemasok bernegosiasi.
“Jika perbedaan adalah sesuatu yang
membuat aku tetap hidup, aku akan membiarkan mereka menang negosiasi,”
kata McCarthy. “Ketika mereka pergi dengan senyum di wajah, mereka akan
datang kembali.”
Patuhi etika bisnis
McCarthy adalah wakil presiden National Association of Resale Profesional
– sebuah organisasi yang menyediakan sumber daya pendidikan dan
pengembangan profesional bagi pemilik toko. Para anggotanya sangat
mematuhi kode etik, terutama dalam hal keaslian.
Pelanggan yang berbelanja di toko
McCarthy ditawari jaminan keaslian 100% dari setiap pembelian. Semua
barang dagangan dari desainer telah mengalami proses validasi ketat
mencakup rincian pemeriksaan, seperti jahitan, font, dan nomor seri. Pembeli ditawarkan pengembalian dana tanpa syarat 100% untuk setiap item yang terbukti palsu.
“Reputasi kami tergantung pada kejujuran,”
ucap McCarthy. Menurutnya, keterlibatan tokonya dalam menetapkan
standar industri telah membangun kepercayaan pelanggan.
Dia menunjukkan bahwa banyak pengusaha
yang bergabung dengan organisasi yang membantu standar dan industri yang
mereka pilih dan kemudian mengiklankan afiliasi melalui signage atau materi pemasaran.
Berdayakan karyawan
McCarthy memberikan tenaga penjualnya
wewenang untuk menyesuaikan harga tanpa harus menunggu persetujuannya.
“Waktu sangat berharga,” terangnya.
Pelanggan yang meminta diskon dan pemasok
yang ingin lebih banyak uang dari barang-barang mereka dapat berhubungan
langsung dengan karyawan dan tidak harus menunggu persetujuannya.
“Sederhanakanlah cara bagi mereka yang ingin melakukan bisnis dengan
Anda,” tutup McCarthy.