Proposal Wirausaha Yang Efektif Untuk Mencari Investor


Sebelum membuat proposal pendanaan wirausaha, anda perlu melakukan perencanaan dan penelitian dan pastikan anda telah menemukan kondisi sebagai berikut:
  • Menemukan calon investor yang memiliki minat dan antusiasme yang sama dengan anda dan bisnis anda.
  • Memiliki sesuatu yang bernilai jual tinggi untuk ditawarkan kepada calon investor.
  • Memiliki variasi produk atau layanan yang akan diciptakan oleh usaha anda.
  • Memiliki pasar yang jelas untuk produk atau layanan dan benar-benar akan diterima oleh target pasar.
  • Memiliki perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha anda secara rinci.
  • Mampu menyampaikan ide dan gagasan secara lengkap dan meyakinkan calon investor.
Setelah anda dalam kondisi tersebut diatas, mulailah menulis proposal pendanaan wirausaha, tuangkan maksud dan tujuan anda dalam bentuk draft dengan memperhatikan hal-hal berikut :
  • Gunakan gaya bahasa yang baik dan terstruktur. Dari cara pemilihan dan penyampaian kata, kita dapat menilai kualitas seseorang dan kemampuannya menjalankan bisnis bisa tercermin disana. Bahaslah materi proposal dalam team untuk menghasilkan kualitas menyampaian yang baik.
  • Persuasif. Tujuan dari pembuatan proposal adalah supaya seseorang setuju untuk mempercayakan uangnya kepada anda. Jadi gunakan gaya bahasa yang persuasif dan meyakinkan agar anda mendapatkan kepercayaan.
  • Detail dan Faktual. Anda harus menguasai sisi teknis bisnis anda dan mampu menjelaskannya dengan tepat saat diperlukan.
  • Singkat dan Jelas. Sampaikan semua informasi yang perlu dengan jelas, padat dan singkat.
Elemen-elemen yang ada dalam Proposal pengajuan pendanaan wirausaha anda:

Ringkasan Proyek (Summary)
Pertama yang kita buat adalah ringkasan yang memberi gambaran tentang proyek yang anda gagas. Disini anda akan menjelaskan peluang yang ingin anda ambil melalui media usaha yang akan anda buat. caranya bagaimana, apa hambatannya, mengapa harus diambil, butuh waktu berapa lama dan berapa biayanya.

Perkenalan (Introduction)
Introduction adalah memperkenalkan kepada calon investor tentang sisi bagian dalam dari perusahaan anda. Menunjukkan bagaimana cara anda mengatur dan mengelola sumber daya. Dimana alamat perusahaan, bagaimana bentuk struktur organisasi yang menampilkan siapa saja tim anda dan apa saja yang menjadi wewenangnya, Cantumkan juga visi dan misi perusahaan serta tujuan perusahaan.

Latar belakang perusahaan (Company Background)
Menyusun informasi latar belakang perusahaan dan kaitannya dengan area bisnis yang digeluti juga penting untuk jadi bahan pertimbangan calon investor. Berikan gambaran tentang lingkungan dan kondisi operasional perusahaan anda dalam menjalankan usaha, termasuk cara mengelola market yang menjadi segmentasi anda. Sertakan pula analisa SWOT perusahaan Anda.

Rincian Proyek (Project Details)
Rincian proyek menjelaskan bagaimana anda memiliki sebuah rencana bisnis dan bagaimana cara anda untuk mencapai tujuan. Uraikan dengan jelas tentang tujuan anda dan apa saja yang diperlukan untuk mencapainya dan jumlah kebutuhan dananya. Sertakan daftar sumber daya yang anda miliki, termasuk SDM dan teknologi pendukung yang akan membantu anda mencapai tujuan. Penting juga untuk disampaikan  bagaimana anda akan mengukur kemajuan usaha dan cara menyampaikan melaporkannya. Berikan angka yang relevan dan sertakan pula dokumen pendukungnya.

Kesimpulan (Conclusion)
Pada bagian ini anda akan menjelaskan bagaimana dana yang diperoleh dari investor akan digunakan dan dipertanggung jawabkan. Sertakan daftar anggaran utama disertai dokumen pendukungnya agar lebih detail. Anggaran adalah rencana keuangan yang akan mengontrol alokasi dana. Anda perlu melakukan riset biaya untuk mengantisipasi timbulnya biaya-biaya tak terduga yang muncul diluar anggaran Anda.

Dokumen pendukung (Supporting Documents)
Dokumen dan materi pendukung lainnya bisa mencakup apa saja yang dapat membantu calon investor mengambil keputusan. Materi pendukung Ini dapat termasuk informasi keuangan, rekening koran, laporan pajak, dokumen hukum, piagam pengakuan dari kelembagaan atau negara dan informasi lain tentang perusahaan yang Anda pikir akan relevan untuk disampaikan.

Kata Penutup (Closing Statement)
Bagian akhir dari proposal wirausaha anda berisi ucapan terima kasih dan penghargaan kepada calon investor. Tambahkan juga kata-kata positif tentang proyek yang anda tawarkan, ingatkan kembali mengenai potensi keuntungan yang anda targetkan, pengembalian dana dan kondisi-kondisi yang menguntungkan usaha anda.