KH. Maimun Zubair merupakan seorang alim, faqih sekaligus muharrik
(penggerak). Selama ini, selain Kyai Sahal Mahfudh, Kiai Maimun
merupakan rujukan ulama Indonesia, dalam bidang fiqh. Hal ini, karena
Kiai Maimun menguasai secara mendalam ilmu fiqh dan ushul fiqh.
Apa yang diucapkannya kerap kali menjadi pesan bijak yang patut
direnungkan dalam menyikapi dinamika kehidupan. Salah satunya ketika ia
pernah bilang “Termasuk tanda Qiyamat itu orang sudah malas untuk
bertani, karena untungnya sedikit”
Berikut 20 kata mutiara hikmah KH. Maimun Zubair yang disampaikan
dalam bahasa jawa dan diterjamahkan ke dalam bahasa Indonesia.
1. Wong Yahudi iku biyen gelem mulang angger dibayar, tapi akehe
kiyai saiki ngalor ngidul karo rokoan ora gelem mulang nak ora dibayar,
gelem mulang angger dibayar. (Orang Yahudi dulu mau mengajar kalau
dikasih uang, tetapi kebanyakan kyai sekarang mondar-mandir sambil
rokoan tidak mau mengajar kalau tidak dikasih uang).
2. Wong neng dunyo iku ono bungahe lan ono susahe, kabeh iku
supoyo biso dadek’ake parek marang Allah, Tapi nak neng akhirat nak
susah susah tok rupane nang neroko, tapi nak seneng yo seneng tok rupane
neng suargo (Orang di dunia itu ada yang senang dan ada yang
susah. Semua itu supaya bisa mendekatkan diri kepada Allah, tetapi kalau
di akhirat susah terus yaitu ketika di Neraka, dan senang terus ketika
di Surga).
3. Kanggone wong islam nak susah yo disabari nak bungah disyukuri. (Untuk orang Islam ketika susah disabari dan ketika senang disyukuri).
4. Apik-apik’e dunyo iku nalikone pisah antarane apik lan olo.
Sakwali’e, elek-elek’e dunyo iku nalikone campur antarane apik lan olo.
Mulane apik iku kanggone wong Islam, lan elek iku kanggone wong kafir. (Bagusnya dunia itu ketika pisah antara bagus dan jelek, sebaliknya jeleknya dunia itu ketika campur antara bagus dan jelek).
5. Apik-apik’e wong iku taqwo marang Allah yoiku ora ngelakoni doso mboh iku doso cilik utowo doso gede kabeh iku di tinggal.
(Bagus-bagusnya orang itu ialah orang yang bertaqwa, yaitu tidak mau
melakukan dosa, baik dosa kecil maupun besar semuanya ditinggal).
6. Zaman akhir iku senengane podo ngatur pangeran. yaiku podo akeh-akehan istighosahan koyo-koyo demo marang pangeran. (Zaman akhir itu banyak orang yang mendemo Tuhan yaitu dengan cara Istighosah, seolah-olah seperti mengatur Tuhan).
7.Ngandikone bapakku :
ﺣََِﻔَﻂ َﺷُﻴﺌﺎ ﻭﻏﺎ ﺑﺖ ﻋﻨﻪ اﺷﻴﺎﺀ akehe wong iku ngertine pekoro siji liyane ora ngerti koyo dene wong haji ngertine mong bab kaji, pembangunan masjid yo iku tok, ora ngerti bahwa sodakoh iku yo ono wong miskin mbarang. (Ayah saya pernah mengatakan bahwa banyak orang yang tahu perkara satu tetapi yang lain tidak diketahui, seperti halnya orang tahunya hanya bab haji saja, atau shodaqoh pembangunan masjid saja, tetapi tidak tau bahwa sodaqoh itu juga ada yang buat fakir miskin).
ﺣََِﻔَﻂ َﺷُﻴﺌﺎ ﻭﻏﺎ ﺑﺖ ﻋﻨﻪ اﺷﻴﺎﺀ akehe wong iku ngertine pekoro siji liyane ora ngerti koyo dene wong haji ngertine mong bab kaji, pembangunan masjid yo iku tok, ora ngerti bahwa sodakoh iku yo ono wong miskin mbarang. (Ayah saya pernah mengatakan bahwa banyak orang yang tahu perkara satu tetapi yang lain tidak diketahui, seperti halnya orang tahunya hanya bab haji saja, atau shodaqoh pembangunan masjid saja, tetapi tidak tau bahwa sodaqoh itu juga ada yang buat fakir miskin).
8.Nak wong ahli toriqoh utowo ahli tasawuf iku ora ono bedone doso iku gede utowo cilik podo bae kabeh didohi. (Kalau orang Ahli Toriqoh atau Tasawuf tidak ada bedanya dosa itu baik besar atau kecil semuanya ditinggalkan).
9.Wong iku seng apik ora kena nyepeleake doso senajan cilik, lan ora keno anggak karo amal senajan akeh amale. (Orang itu yang bagus ialah tidak menyepelekan dosa meskipun kecil dan tidak sombong ketika punya amal meskipun banyak).
10. Dunyo iku dadi tepo tulodone neng akhirat:
الدنيا مراة في الاخرة
(Dunia itu menjadi contoh atau cermin di akhirat).
الدنيا مراة في الاخرة
(Dunia itu menjadi contoh atau cermin di akhirat).
11. Ngalamate Qiamat iku angger wong tani iku wes aras-arasen tani, mergo untunge iku sitik. (Termasuk tanda Qiyamat itu orang sudah malas untuk bertani, karena untungnya sedikit).
12. Gusti Allah iku gawe opo bae mergo sebab awae dewe ‘kembang seberat mekar dewe’. (Allah itu membuat apa saja sebab diri sendiri ‘Bunga berat berkembang sendiri’).
13. Nabi bersabda : ﺍﻧﻜﻢ ﺳﺘﻤﺼﺮﻭﻥ ﺍﻣﺼﺎﺭﺍ seng artine kuwe kabeh ko
bakal gawe kota dewe-dewe. (Wong sugih iku ko bakal gawe kota
dewe-dewe, wong mlarat iku podo gawe deso dewe-dewe. artinya
“Bahwasannya nabi telah bersabda yang artinya: Orang kaya itu akan
membuat kota sendiri-sendiri, sedangkan orang Miskin nanti akan membuat
desa sendiri-sendiri).
14. Endi-endi barang iku bakale ilang. Wong mangan daging eyo
bakale ilang, tapi ono seng ora ilang, iyoiku barang seng ora ketok koyo
dene ruh, kang ora sebab opo-opo, langsung pepareng soko Allah ora
melalui proses. (Semua barang itu akan hilang, orang makan daging
juga akan hilang dagingnya, tetapi ada yang tidak hilang yaitu Ruh, ini
pemberian lansung dari Allah tanpa proses).
15. Wali iku nak katok iku wes ora disiplin wali, masalahe wali iku ora keno kanggo conto, asale tingkahe iku selalu nulayani adat.
(Yang namanya Wali kalau kelihatan itu sudah tidak disiplin Wali,
karena Wali itu tidak boleh dicontoh, karena tingkahnya selalu
berselisih dengan kebiasaan).
16. Alamate wali iku wes ora biso guneman karo menungso, masalahe wong nak guneman karo menungso iku yo ora biso dzikir karo Allah
(Tanda wali itu sudah tidak bisa berkomunikasi dengan manusia karena
kalau berdiskusi dengan manusia biasanya tidak bisa dzikir dengan
Allah).
17. Barang yen positif iku ora katon , bisone katon iku angger
ono negatif, koyo kuwe biso reti padang yen wes weruh peteng, wong biso
ngerti Allah angger wes ngerti liyane Allah. (Sesuatu yang bagus
itu tidak kelihatan, dan akan kelihatan ketika ada yang tidak bagus,
contoh kamu tau terang kalau sudah gelap, dan kamu tau Allah ketika kamu
tau selain Allah).
18. Wong iku yen solat bengi kok ajak-ajak iku berati ora pati
ikhlas, masalahe mbengi iku wayah turu, lah wong solat iku kudune soko
karepe dewe. (Orang ketika salat malam mengajak-ajak berati itu
menandakan tidak begitu ikhlas, karena waktu malam itu waktu istirahat,
kalau mau salat memang dari keinginan diri sendiri).
19. Sepiro senenge tangi soko kubur, iku sepiro enakke neng alam akhirat. (Seberapa senangnya orang bangun dari kubur, seberapa senangnya di akhirat).
20. Wong naliko metu soko wetenge simbok iku kudu susah, tapi yen
wong metu soko dunyo alias mati iku kudu roso seneng, iki alamate wong
seng bakal urip seneng. (Orang ketika keluar dari kandungan sang
Ibu harus susah, sedangkan keluar dari dunia yaitu meninggal harus
senang ini alamatnya orang akan senang).
[Bm]
Dikutip dari Santrijagad