Salah satu daya tarik toko online bagi konsumen adalah harganya yang
relatif lebih murah daripada harga di toko ‘nyata’ yang ada di mall atau
sudut kota. Sangat beralasan jika pengelola toko online mematok harga
lebih rendah untuk produk yang mereka jual. Mereka tidak perlu menyewa
ruko dengan biaya mahal dan mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu
untuk menunggui toko atau membayar karyawannya untuk melakukan itu.
Dengan berbisnis toko online, Anda harus siap untuk bersaing harga
dengan kompetitor lainnya. Tawarkan harga yang lebih murah daripada toko
lain, tetapi jangan terlalu murah. Harga yang kelewat murah tentu akan
membuat Anda rugi karena tidak sebanding dengan biaya yang Anda
keluarkan untuk membuat produk serta beban biaya lainnya yang harus
ditanggung. Harga yang terlalu murah juga akan membuat konsumen curiga.
Seringkali korban penipuan toko online begitu tergiur dengan harga murah
dan mereka mentransfer uangnya ke rekening penjual gadungan, tetapi
barang tidak dikirim ke alamat mereka. Tawarkan harga yang proporsional
dan sesuai dengan jerih payah yang Anda lakukan untuk mengelola bisnis
tersebut.
Konsumen Tidak Percaya pada Anda
Salah satu faktor penyebab sepinya toko online adalah ketidakpercayaan
konsumen terhadap penjualnya. Sangat sulit untuk meyakinkan pembeli
untuk membeli produk Anda jika tidak mempunyai testimoni atau
rekomendasi dari pembeli sebelumnya. Mendapatkan pembeli pertama adalah
tantangan yang sangat berat bagi setiap pedagang online. Untuk mengatasi
masalah ini, Anda bisa meminta setiap pelanggan yang puas dengan
pelayanan Anda untuk memberikan testimoni di website. Jika mereka puas
dengan pelayanan, mereka tidak akan segan untuk memberikan testimoni
atau feedback positif bagi bisnis online Anda.
Dengan membaca testimoni
tersebut, pelanggan baru akan merasa lebih yakin untuk menggunakan
produk atau jasa Anda. Selain itu, mereka juga tidak akan berpikir bahwa
Anda adalah pedagang gadungan dengan tujuan utama menipu konsumen dan
membawa kabur uangnya. Selain itu, selalu balas setiap pertanyaan atau
keluhan dari konsumen Anda. Siapapun konsumen tersebut, mereka berhak
mendapatkan layanan prima.