Kita semua tahu bahwa entrepreneur yang bergairah  dengan produk 
mereka sendiri percaya bahwa produk mereka yang mengagumkan ini akan 
menjual dengan sendirinya, berdasarkan pendapat mereka belaka. Walaupun 
keadaan seperti ini bisa terjadi di zaman penjualan mobil Ford, keadaan 
seperti ini sudah tidak terjadi lagi sejak 60 tahun yang lalu.
Bisnis startup menghadapi tantangan mendasar dalam pengambilan 
pilihan yang sulit. Haruskah anda menggunakan sumber daya yang terbatas 
untuk fokus membangun produk yang hebat dan percaya bahwa orang-orang 
akan datang dengan sendirinya atau haruskah anda menghabiskan uang untuk
 membangun produk yang bagus dan melakukan marketing agar customer 
datang kepada anda? Jika produk anda tidak ada duanya mungkin bisa saja 
anda memiliki pilihan pertama. Sedangkan orang-orang yang biasa harus 
melakukan berbagai jalan untuk menarik perhatian customer.
Sebagai startup, anda jelas harus berhemat dan memperhatikan 
penggunaan uang. Tetapi marketing adalah salah satu kebutuhan bisnis 
yang tidak bisa dihindarkan. Masih banyak yang bisa anda raih dengan 
dana yang kecil atau bahkan tidak ada dana, anda bisa bermodalkan 
semangat untuk keluar dan promosikan bisnis anda ke target pasar anda. 
Manfaatkan blog, platform sosial media, email marketing bahkan word of mouth untuk menciptakan awareness brand anda dan mendorong customer kepada anda.
Sumber: smedio.com

