Bisnis digital mulai dilirik pengusaha-pengusaha Indonesia terutama yang
berusia muda. Namun menjamurnya perusahaan-perusahaan baru di bisnis
digital bisa terjadi karena dua faktor: sekadar ikut-ikutan karena
melihat kesuksesan orang lain, atau karena sudah lama memiliki mimpi
mendirikan perusahaan digital namun lebih termotivasi setelah bisnis
digital berkembang seperti saat ini.
Mendirikan dan mengambangkan industri digital tak lepas dari unsur
kreatif. Dalam dunia digital, kreatifitas membutuhkan inovasi yang terus
menerus agar perusahaan dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan.
Tanpa inovasi, perusahaan digital akan mudah ditinggalkan karena
menimbulkan kebosanan bagi para penggunanya.
Mike Orgill dari Google Singapura berbagi tips mengembangkan inovasi
di bisnis digital pada Pekan Produk Industri Kreatif.
Country Lead, Public Policy dan Government Affairs Google untuk Asia
Tenggara ini menuturkan 6 inovasi yang harus terus dikembangkan oleh
pengusaha bisnis digital di Indonesia.
Pertama, inovasi harus mengandung unsur
keterbukaan. Selalu lakukan rilis terhadap produk baru dan segala hal
teknis yang berkaitan dengan produk ataupun layanan yang ditawarkan
tersebut. Rilis ini harus dilakukan secara berkala agar masyarakat
selalu diingatkan akan produk atau layanan yang ditawarkan. Apabila ada
gangguan secara teknis juga lebih baik dipublikasikan agar masyarakat
mengerti bahwa perusahaan sedang berusaha menangani masalah yang sedang
dialami konsumen.
Kedua, inovasi adalah tentang manusia. Buat
inovasi-inovasi yang menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap
individu, layani konsumen dengan lebih personal. Minimal 20 persen dari
total waktu kerja di perusahaan digunakan untuk melayani konsumen secara
intens. Memberi kemudahan bagi manusia dalam menjalankan kehidupannya
sehari-hari akan membantu perusahaan lebih cepat berkembang. Jika perlu,
bentuk sebuah komunitas agar pelanggan merasa dekat dengan perusahaan.
Ketiga, inovasi adalah tentang rangsangan.
Buatlah inovasi-inovasi yang merangsang rasa penasaran konsumen. Atur
sedemikian rupa agar konsumen tertarik untukmencoba produk baru. Beri
rangsangan berupa gambar, video, yang menarik indera konsumen untuk
mengetahui lebih lanjut tentang produk atau layanan yang ditawarkan
perusahaan. Google plus adalah salah satu inovasi yang saat ini sedang
menimbulkan penasaran konsumen.
Keempat, inovasi adalah perpaduan antara
ide dengan teknologi. Ide yang besar tak akan menjadi apa-apa jika tidak
didukung oleh teknologi yang sesuai. Teknologi yang canggih tak akan
berarti apa-apa tanpa ide yang bagus untuk mengembangkan dan membuatnya
bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lakukan riset yang bertahap dan
terus-menerus untuk mengatahui kesesuaian teknologi yang terus
berkembang dengan ide awal yang ingin diwujudkan.
Kelima, inovasi harus mendekati evolusi,
yakni sesuatu yang bisa mengubah hidup manusia. Inovasi teknologi
digital misalnya dalam kemunculan ponsel pintar. Ponsel pintar ini
disinyalir akan menggantikan fungsi personal computer (PC) karena sistem
operasinya yang mendekati sistem operasi di dalam PC. Google juga
pernah mencuri perhatian publik ketika menyediakan jasa mesin pencari.
Manusia yang dulunya berkutat di perpustakaan hanya demi sebuah data,
kini dapat mengakses informasi yang dibutuhkannya melalui mesin pencari
google.
Keenam, inovasi harus diiringi dengan
keberanian. Inovasi tanpa keberanian akan menghambat kreatifitas
perusahaan yang seharusnya diproduksi dan dipublikasikan. Sebagai
contoh, Google telah mengakuisisi youtube, blogger, dan picasa sebagai
wujud keberanian memasuki pangsa pasar pengguna tiga portal tersebut di
seluruh dunia. (*/kompas.com)