Menjalankan suatu bisnis tak melulu soal
bagaimana mencapai omset yang terus meningkat setiap bulan. Bisnis
memerlukan reputasi yang baik agar dapat berkembang secara positif. Tak
terkecuali dengan bisnis online. Pada bisnis konvensional, kita tentu
dapat memberikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan pada para
pelanggan setia kita. Sedangkan pada bisnis online?
Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga
reputasi bisnis online yang kita bangun? Saat berbisnis di dunia
maya, kita berkomunikasi dengan para pelanggan melalui deretan pesan
atau foto produk dan jasa yang kita unggah. Tapi bukan berarti kita tak
bisa menjaga reputasi bisnis online kita lho. Cara-cara sederhana
ternyata sangat ampuh untuk meningkatkan reputasi bisnis online kita:
1. Terlalu Sering Menggunakan Media Sosial Ternyata Kurang Efektif
Media sosial memang menjadi salah satu
sarana modern untuk memperkenalkan bisnis online. Penggunaan media
sosial harus dilakukan secukupnya secara efektif. Jangan pernah
menggunakan media sosial secara terus menerus untuk memberikan informasi
dan posting produk. Karena hal ini dapat mengakibatkan para pengguna
media sosial lainnya malah semakin jenuh.
Sebagai contoh, jika kita memiliki usaha
dekorasi cake, kita dapat mem-posting foto-foto cake dekoratif terbaru
tanpa harus mencantumkan keterangan dan harga yang sifatnya promosi. Hal
ini tentu akan jadi lebih estetis dan mengundang keingintahuan banyak
orang untuk mem-follow akun media sosial kita.
2. Yang Harus Ada di Media Sosial
Akun media sosial bisnis online wajib
mencantumkan logo serta informasi kontak secara lengkap. Karena akun
media sosial juga dapat berfungsi sebagai kartu nama digital bagi bisnis
online kita. Dengan demikian, calon pelanggan yang ingin menghubungi
kita dapat menemukan informasi kontak secara mudah melalui akun media
sosial bisnis kita.
3. Pengetahuan Akan Produk Bisnis Tentu Sangat Penting
Bila kita terlalu sibuk untuk menangani
akun media sosial sendirian, kita tentu harus meng-hire orang lain untuk
menanganinnya. Hal yang paling krusial adalah menyamakan visi kita
dengan visi si admin media sosial tersebut. Berikan pemahaman padanya
mengenai product knowledge dan cara menghadapi calon pelanggan secara
ramah. Jadi, saat kita tak sempat melirik akun media sosial, ia dapat
membantu kita memberikan keramahan dan informasi yang diperlukan oleh
para calon pelanggan
4. Review dari Pelanggan akan Membangun Bisnis Kita
Tak ada salahnya lho meminta feedback
atau review dari para pelanggan. Kita jadi lebih tahu bagian mana dari
bisnis kita yang harus segera diperbaiki atau harus tetap dipertahankan.
Jangan pernah menganggap review dari pelanggan sebagai sesuatu yang
menjengkelkan. Karena dari review itulah kita mendapat saran yang sangat
objektif bagi kemajuan bisnis kita.
5. Konten Gambar Lebih Difavoritkan
Pengguna media sosial biasanya lebih
gemar membagikan (share atau retweet) konten-konten yang terdiri dari
gambar yang menarik. Kita bisa mempertimbangkan hal ini untuk mulai
membagikan konten-konten bergambar yang menarik. Dengan demikian, para
followers kita akan jadi lebih tertarik untuk membagikan konten yang
kita post kepada orang lain. Akun media sosial kita akan jadi semakin
populer dan dikenal oleh banyak orang.
6. Belajar Dari Mereka yang Telah Sukses
Hal apa yang bisa kita lakukan untuk meningkakan reputasi bisnis
online kita? Belajarlah dari beragam bisnis online yang sudah sukses.
Cara mereka dalam memancing perhatian dan rasa ingin tahu para pengguna
media sosial akan membuat kita menyadari bahwa media sosial dapat
menjadi sarana yang sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis online.
Banyak sekali brand populer yang menjalankan tindakan-tindakan kreatif
untuk meningkatkan popularitas dan reputasi bisnis online-nya.
7. Seimbangkan Pelayanan Online dan Offline
Pelayanan online mencakup bagaimana
bisnis kita menjawab setiap pertanyaan dan rasa ingin tahu dari
pelanggan. Sedangkan pelayanan offline mencakup kualitas produk serta
mekanisme pengiriman yang aman. Bila kedua hal ini bisa diseimbangkan
secara terus menerus, tentu saja para pelanggan kita akan merasa puas
dan memberikan feedback yang positif bagi perkembangan bisnis online
kita.(vaa)