Sering
kita dengar kata-kata “Pembeli adalah Raja” hal itu memang benar. Kita
selaku pengusaha harus mengetahui karakteristik pembeli ataupun
pelanggan kita, dan pasti karakteristik mereka tentunya tidak sama. Ini
demi memajukan dan agar bisnis terus dicari oleh pelanggan. Namun
bagaimana dengan toko online sendiri? Cara dan teknik bisnis yang
berbeda membuat kita harus pintar-pintar membaca tipe dan karakter
pelanggan. Dan berikut ini adalah contoh 4 tipe pelanggan online yang
perlu Anda ketahui:
1. Tipe research
Seperti
namanya, tipe yang pertama ini adalah mereka yang mencari dan banyak
mencari produk di toko online, tapi sebenarnya mereka belum tahu pasti
apa yang sedang mereka cari dan butuhkan. Sebagai pemilik toko online,
Anda harus memberikan info dan detail dari produk, bahkan manfaat produk
yang Anda jual. Anda juga harus bisa menjawab, bahkan memberikan solusi
apa yang sebaiknya mereka beli ketika mereka menghubungi Anda. Anda
harus mampu memberikan apa yang mereka butuhkan dan tentu saja cocok
untuk tipe jenis ini. Di website toko online, Anda juga bisa menambahkan
konten yang berhubungan dengan produk yang dijual, untuk menambah
pengetahuan calon konsumen. Buatlah tampilan website yang mudah untuk
dimengerti dan dipahami oleh pelanggan Anda.
2. Tipe seeker
Setiap
pelanggan toko online memiliki keinginan, kebutuhan dan tujuan masing –
masing mengapa mereka memilih berbelanja online. Dan untuk tipe yang
kedua ini, kita bisa mendeskripsikannya sebagai seorang pelanggan yang
berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya. Biasanya si Seeker ini akan
membuka beberapa situs toko online sekaligus. Ini ia lakukan untuk
sekedar melihat perbandingan dari harga dan spesifikasi masing – masing
produk yang dibutuhkan. Tidak jarang, harga murah tetap menjadi pilihan
utama mereka. Ada banyak cara agar bisnis online Anda menjadi salah satu
pilihan dari si Seeker ini. Salah satunya yaitu terus mengupayakan agar
website toko online Anda tetap dan terus berada pada page one pada
setiap mesin pencarian. Dengan begitu, ketika calon pelanggan mencari –
cari website yang mereka butuhkan, website Anda menjadi salah satu
diantaranya.
3. Tipe window shoper
Untuk
tipe yang ketiga ini biasanya adalah mereka yang tidak terlalu serius
dalam berbelanja online, dalam artian mereka tidak terlalu membutuhkan
apa yang sedang mereka cari dan beli. Saat mereka membuka website toko
online, biasanya mereka hanya iseng, menghabiskan waktu luang atau hanya
mencari inspirasi saja. Siapa yang peduli mereka berbelanja karena
butuh atau tidak, begitulah beberapa pemikiran pemilik bisnis online.
Maka dari itu ketika toko online Anda ingin menjadi tujuan dan sumber
inspirasi dari si window shoper ini, maka buatlah tampilan website yang
menarik. Ya, meskipun mereka belum melakukan pembelian, setidaknya
traffic website Anda bisa meningkat dan mudah dicari oleh yang lainnya.
4. Tipe discount lover
Dan
untuk yang tipe terakhir ini adalah si Discount lover. Dari namanya
saja kita bisa menebak, pelanggan ini paling senang jika berkunjung dan
menemukan website toko online dengan banyak discount yang diberikan.
Mereka akan senang dan bersemangat dalam berburu discount, promo dan
bonus yang biasa diberikan. Bagi pemilik bisnis online, tidak ada
salahnya Anda memberikan discount atau bonus yang mereka harapkan ada.
Ini bisa menjadi cara Anda untuk menarik perhatian mereka. Memberikan
mereka paket pembelian juga bisa menjadi salah satu promosi yang Anda
lakukan.