Alasan Mengapa Anda Harus Berpikir Kembangkan Startup




Sebagian besar orang berharap bahwa mereka mendapatkan pekerjaan yang layak, stabil, dan berpenghasilan besar. Namun di sisi lain, tidak ada jaminan pasti bahwa Anda mendapatkan semua itu. Sehingga ada sebagian yang lain yang berpikir bagaimana caranya ia mengembangkan startup yang nantinya akan menjadi karir “abadinya.”

Memang sebagian besar orang seringkali ketakutan untuk menggarap sebuah startup karena masih baru. Startup adalah sebuah bisnis yang benar-benar baru dan sangat mungkin untuk tidak stabil. Namun, perusahaan atau bisnis baru biasanya dipenuhi dengan orang-orang yang menarik. Startup baru ini berdiri karena satu alasan, di mana orang-orang  yang ada di puncak mengetahui betul apa yang mereka inginkan dan mengetahui mengapa mereka menciptakan bisnis itu.  Dan bonus lainnya ialah bahwa hanya ada beberapa orang saja yang di puncak bisnis, yang memberikan banyak ruang bagi para pekerja untuk maju dan bertumbuh dengan perusahaan itu.
Berikut lima alasan mengapa Anda harus berpikir kembangkan startup.

1. Anda akan bertemu dengan orang-orang yang menarik 

Anda memang akan selalu bertemu dengan orang-orang yang memiliki motivasi tinggi  di mana pun Anda berada, juga di banyak perusahaan akan selalu ada karyawan yang memiliki motivasi tinggi. Akan tetapi, jika Anda mencoba mencari sebuah pekerjaan sebagai bagian dari sebuah perusahaan startup – sebuah perusahaan yang baru berdiri, Anda berpeluang besar untuk bertemu dengan orang-rang yang benar-benar menarik dan memiliki motivasi sangat tinggi.
Ketika Anda memulai di sebuah perusahaan yang baru berdiri, Anda sangat mungkin untuk menemukan orang-orang yang memiliki attitude yang masih sangat segar. Mereka tidak bekerja untuk pekerjaan yang sama selama puluhan tahun dan mereka masih bersemangat. Anda juga akan bertemu dengan orang-orang yang sangat termotivasi untuk sukses, yang juga akan mendorong Anda untuk sukses.

2. Rekan-rekan kerja Anda adalah orang-orang yang memiliki hasrat tinggi di bidangnya

Selain memiliki atasan dan teman-teman dengan ide-ide baru yang menarik dan motivasi tinggi, mereka juga memiliki passion yang tinggi dalam pekerjaannya. Agar sebuah startup sukses, semua yang terlibat harus  memperhatikan misi perusahaan. Mereka harus memiliki passion yang tinggi terhadap pekerjaannya atau menjual produk mereka. Jika perusahaan yang sudah mapan,, brand mereka sudah terkenal, namun orang-orang yang bekerja pada sebuah startup harus berjuang membuktikan nilai dari perusahaannya itu. Ini akan menciptakan lingkungan kerja yang menakjubkan.

3. Anda dapat melihat bisnis Anda bertumbuh 

Jika Anda terlibat dalam sebuah bisnis yang baru dikembangkan (startup), Anda akan dapat melihat pertumbuhan perusahaan secara langsung. Anda jelas terlibat dan berkontribusi secara langsung dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Dan ini akan semakin meningkatkan rasa percaya diri Anda, dan tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri karena telah berkontribusi dalam bertumbuhkembangnya bisnis perusahaan tersebut.

4. Peluang kemajuan Anda sangat besar 

Benar bahwa jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan yang kecil, peluang untuk bertumbuh sangat kecil. Namun, jika Anda bekerja atau mendirikan startup dan startup itu bertumbuh dan berkembang, peluang Anda untuk maju pun sangat besar. Anda akan berpeluang untuk melesat cepat dalam posisi karir yang cemerlang dan berpengasilan tinggi dibandingkan dengan bekerja pada korporasi yang besar.

5. Anda dapat memperluas skill Anda

Apakah Anda akan bertahan untuk jangka waktu yang lama atau tidak, namun skill Anda pasti akan berkembang dan bertambah jika Anda terlibat dalam sebuah startup. Ini terjadi karena sebuah startup yang dibangun biasanya dijalankan oleh sedikit orang namun dengan tugas dan tanggung jawab yang sangat banyak, yang tidak Anda miliki saat Anda bekerja pada perusahaan yang sudah mapan. Dengan tanggung jawab yang besar dan banyak ini, otomatis menuntut Anda untuk memutar otak, mencari cara, dan mengembangkan skill-skill baru untuk mengcover tanggung jawab baru Anda.

Pada gilirannya, kemampuan atau skill pun akan bertambah. Jika, suatu saat Anda memutuskan berhenti dari startup yang Anda terlibat di dalamnya itu, Anda akan menjadi pribadi baru dengan multiskill yang akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan atau pihak.
Dengan 5 alasan mengapa Anda harus berpikir kembangkan startupdi atas, Anda pun akan mendapatkan 5 keuntungan yang mungkin jarang atau bahkan tidak Anda dapatkan dari perusahaan lama Anda.
Siap berkembang dan mengembangkan diri dengan 5 keuntungan di atas?
Sumber: www.wallstcheatsheet.com