Hidup Sehat Hidup Lebih Semangat ( healthy lifestyle )





Apakah kamu salah satu penyuka healthy lifestyle?  Kamu teratur menjaga pola makan dan rutin berolahraga setiap hari? If yes, then good for you! 

Kali ini Kami akan membahas healthy lifestyle dari sisi lain, yaitu produk makeup organik. Sudah terpikir belum, untuk memasukkan organic beauty ke dalam rutinitas healthy lifestyle kamu? Kalau belum, simak dulu, yuk, obrolan dengan Karina Hikmayudi, organic beauty blogger dari thecofox.blogspot.com  

Karina Hikmayudi, atau yang biasa dipanggil Karin, adalah satu dari segelintir beauty enthusiast di Indonesia yang menggiatkan konsep green beauty.  Makeup yang dipakai Karin sehari-hari adalah produk makeup yang tidak memiliki banyak bahan kimia di dalamnya. Sebut saja merek-merek seperti Kjær Weis, W3ll People, dan ILIA Beauty. All those brands are organic and made with all-natural ingredients, not man-made chemicals. Produk-produk tersebut juga tidak diujikan pada binatang. 

 Penasaran dengan dunia green beauty?  Lihat obrolan dengan Karin di bawah ini, ya 

Hai Karin, ceritain, dong, tentang awal ketertarikan kamu pada organic makeup.

Halo, jadi awalnya waktu itu aku dan kakakku iseng cari-cari produk skincare untuk acne treatment, karena saat itu kita lagi jerawatan banget. Lalu aku nemu suatu produk perawatan kulit yang biasa dipakai sama Miranda Kerr, dan di website produk ini juga ada list makeup yang sering dia pakai. Ternyata aku baru tahu bahwa Miranda Kerr juga suka dengan organic makeup. Contohnya RMS Beauty, salah satu brand makeup organik favorit aku. Nah, karena aku juga suka banget sama Miranda Kerr, aku pun mulai menggali info lebih banyak tentang organic makeup.

Dari situ aku mulai banyak tahu tentang bahan-bahan berbahaya yang biasanya ada di produk-produk kosmetik. Aku sampai menghafalkan aneka zat kimia yang aku nggak mau ada di dalam makeup yang aku pakai seperti SLS, Paraben, dan sebagainya. Lama kelamaan “ensiklopedia” aku tentang bahan-bahan berbahaya ini semakin banyak dan aku pun jadi sadar untuk lebih concern ke ingredients dari makeup dan skincare yang aku pakai setiap hari. Begitulah awal kecintaan aku dengan produk skincare dan makeup organik.

Apa, sih, definisi green beauty menurut kamu?
Menurut aku, green beauty itu adalah conscious beauty. Maksud dari conscious itu sendiri adalah ketika saat kita memakai makeup, kita nggak memakai produk yang membahayakan lingkungan atau diujikan pada binatang. Aku sampai nangis, loh, waktu lihat foto-foto binatang yang dipakai untuk animal testing. Nggak tega lihatnya. Aku pun langsung bikin mental note dan bertekad untuk nggak pakai produk kosmetik dari brand yang masih men-support animal testing. Aku memilih untuk pakai produk dengan bahan-bahan yang natural, aman, dan bisa bermanfaat buat kulitku di masa depan. 

Apa yang membuat kamu ingin menulis blog?
Aku mulai paham bahwa sekarang ini orang Indonesia udah banyak yang aware tentang healthy lifestyle. Contohnya seperti clean eating, olahraga lari, dan pola hidup sehat lainnya. Terus aku kepikiran, kenapa aku nggak coba terapkan konsep yang sama ke rutinitas makeup aku? Kalau healthy eating kan lebih ke apa yang kita konsumsi ke dalam tubuh, nah, aku ingin mengimbangi dengan apa yang aku pakai di ‘luar’, which is makeup. Aku pun berpikir bahwa kayaknya sudah saatnya aku menulis sebuah blog yang bisa menjadi wadah atau platform tempat aku bisa berbagi informasi dan antusiasme aku terhadap green beauty.

Nama blog kamu, thecofox.com itu artinya apa, sih?
Fox is my spirit animal. Dalam simbolisme yang aku pernah baca, binatang rubah itu melambangkan kecantikan. Kecantikan yang dimaksud adalah beauty from the inside out. Di depannya aku tambahin ‘eco’ dari kata ‘eco-friendly.



Editor : Anisa Nur
Sumber : femaledaily.com