Tips Ampuh SEO : Faktor - Faktor Sukses yang Mempengaruhi SEO




SEO masih misteri bagi para blogger maupun programer website, baik proffesional ataupun pemula .Akan tapi kita bisa memahami SEO itu dari apa saja faktor yang mempengaruhi blog atau website kita bisa mendapatkan ranking google atau serp yang tinggi .
Dalam rangking di google agar website mempunyai ringking ada beberpa faktor yang harus kita ketahui.  Berikut adalah  Faktor - faktor SEO yang mempengaruhi ranking di google  :

- SEO on-page

- SEO off-page

- Pelanggaran ( Violations )

Teknik SEO on-page adalah hal pertama yang dilakukan dalam melakukan SEO dan akan mempengaruhi pencarian di google.  Sedangkan SEO off-page yang dasarnya adalah kepopuleran dari blog atau website kita . Ketiga yaitu pelanggaran , karena pelanggaran atau penalty dari search engine dapat mempengaruhi posisi kita , makanya saya sarankan melakukan SEO yang wajar atau whithat .

1. Faktor SEO on-page 


SEO on-page adalah optimasi yang dilakukan didalam struktur dari website atau blog itu dan dilakukan oleh admin atau pemilik . Seperti melakukan postingan yang baik , merancang HTML yang baik seperti HTML yang valid HTML5 dan struktur desain dari blog tersebut .

2. Faktor SEO off-page


SEO off-page yaitu optimasi yang dilakukan diluar struktur dari website atau blog dan tidak harus dilakukan oleh admin atau pemilik blog . SEO off-page adalah pendukung dari SEO on-page , sehingga SEO on-page yang kita lakukan akan dimaksimalkan SEO off-page ini .

 SEO off-page itu seperti backlink , promosi dan semua yang bermaksud mempopulerkan blog atau website . Cara ini dipakai oleh search engine seperti google , karena google akan memilih blog yang populer dan banyak orang yang merekomendasikan blog tersebut , sehingga google percaya bahwa blog tersebut mempunyai konten yang bagus untuk dibaca . Cara ini dilakukan oleh google dalam algortmanya yaitu algoritma Hummingbird .

3. Pelanggaran / penalty


Jangan pernah buat kesalahan di search engine , bisa-bisa kita kena pelanggaran dan membuat SERP blog kita jatuh dan hilang atau dikenal google sandbox ( Cara cek google sanbox ) . Memang Search engine suka dengan blog atau website yang pandai akan SEO karena akan membuat search engine tersebut mudah untuk melacak blog kita . 

Tapi sekarang banyak sekali blogger yang memanfaatkan itu secara berlebihan sehingga terjadinya cara yang curang atau biasanya disebut SEO blackhat atau spamming . Dimana SEO blackhat itu akan memanipulsai pencarian di google dan akibatnya blog atau website sahabat akan di banned oleh search engine yang bersangkutan seperti google . Jadi , lakukanlah sewajarnya saja .

Melakukan kombinasi faktor SEO 

Tidak hanya satu faktor yang membuat blog atau website anda menjadi blog yang SEO , seperti jika blog anda memiliki konten yang bagus tetapi tidak mempunya struktur HTML yang jelas dan membuat seacrh engine tidak bisa mencari blog sahabat ataupun sebaliknya . 

Mempunyai lebih banyak faktor pendukung lebih bagus dari pada mempunyai satu faktor yang dominan tapi yang lainnya rendah . Seperti SEO onpage yang tidak dibarengi SEO offpage .

Semoga artikel tentang SEO ini bermanfaat bagi para Blogger maupun para admin website agar website lebih optimal di pencarian Google.



Editor : Anisa Nur
sumber : kizeh.com