Personal selling adalah komunikasi personal antara perusahaan dengan pembeli yang berprospek. Upaya komunikasi penjual adalah fokus kepada informasi dan membujuk konsumen dengan tujuan jangka pendek membuat penjualan dalam dan tujuan jangka panjang membangun hubungan baik dengan konsumen.
Tugas sales-person’s adalah untuk mengerti apa yang konsumen inginkan, menyesuaikan keinginan tersebut dengan produk perusahaan dan akhirnya membujuk konsumen untuk membeli.
Menurut Lamb, Hair, Mc Daniel (2001:167) keuntungan dari penjualan pribadi antara lain:
1. Penjualan pribadi menyediakan suatu penjelasan secara rinci atau peragaan dari produk.
2. Pesan penjualan dapat berbeda-beda menurut motivasi dan minat dari setiap calon pelanggan.
3. Penjualan pribadi dapat diarahkan hanya bagi calon konsumen yang memenuhi kualifikasi.
Biaya penjualan pribadi dapat dikontrol dengan melakukan penyesuaian jumlah tenaga penjual dalam meningkatkan biaya per orang.