Anak Petani : Lulus Bidikmisi, David Lanjut S-2 Beasiswa LPDP

Lahir dari keluarga petani tak membuat David Kurniawan takut punya cita-cita tinggi. Berkat ketekunannya selama sekolah, pada 2010 dia berhasil masuk Universitas Brawijaya Jurusan Peternakan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Selama kuliah, David mendapat beasiswa Bidikmisi. Alumnus SMA 1 Kesamben Blitar ini tergolong mahasiswa yang aktif berorganisasi, yakni di rohis LDK peternakan. Bahkan, dia juga mencoba bisnis semasa kuliah.

"Uang yang saya peroleh dari Bidikmisi cukup untuk biaya hidup. Tapi, untuk tambahan, waktu semester tiga dan empat saya jualan donat dititipkan di kantin," ujarnya saat berbincang dengan Okezone belum lama ini.

Prestasi akademis David tak bisa diragukan lagi. Anak pertama dari tiga bersaudara itu menyelesaikan S-1 nya dengan IPK 3,8 atau berpredikat cumlaude. Tak sampai di situ, David langsung mendapat penawaran lanjut S-2 lewat program fast track.

"Semester delapan ditawari fast track, jadi waktu nyusun skripsi sambil kuliah masuk S-2," terangnya.

Cowok yang bercita-cita menjadi dosen ini kemudian diundang pada salah satu acara Bidikmisi di Jakarta. Tak disangka, David kembali mendapat kesempatan memperoleh beasiswa S-2 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Akhirnya daftar LPDP dan lolos seleksi. Saya ambil peternakan lagi di UB meneruskan studi S-1," paparnya.

Saat ini David sudah selesai menyusun tesis dan tinggal menunggu ujian. Dia menargetkan bisa lulus pada akhir tahun mendatang. Meski belum final, sementara ini David memperoleh IPK 4,00.

"Saya harap bisa lanjut S-3 lagi lewat beasiswa. Saya enggak punya rahasia belajar yang lain. Mungkin bisa seperti ini karena enggak neko-neko. Kesempatan itu banyak, tinggal bagaimana kita bisa mengambilnya," tutupnya.


Penulis : okezone.com



Kategori Artikel : Info Kampus