Mahasiswa UBH Diajar Profesor dari Amerika





Mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH), khususnya jurusan Matematika, mendapat dosen istimewa. Sepanjang November, mereka diajar guru besar dari Salem State University, Amerika Serikat Prof. Katherine M Crow M.A., Ph.D.
 
Prof. Crow mengampu mata kuliah Aljabar Abstrak (Struktur Aljabar) di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kedatangannya merupakan bagian dari program Voluntary Lecturer Program (VLP). Kegiatan VLP disponsori oleh Himpunan Matematika Internasional (International Mathematics Union) bekerjasama dengan Komisi untuk Negara berkembang atau Commission for Developing Countries (CDC) yang berkantor di Jerman.

Ketua Jurusan Pendidikan Matematika Rita Desfitri menyampaikan, kegiatan belajar mengajar dengan Prof. Crow dilaksanakan terintegrasi dengan perkuliahan biasa dan pada jadwal perkuliahan regular. Dosen mata kuliah yang bersangkutan juga turut mendampingi.
"Dengan demikian tugas dan ujian yang dilaksanakan dalam perkuliahan dengan dosen tamu ini juga merupakan bagian penilaian mata kuliah regular," tutur dosen pengampu Struktur Aljabar tersebut.

Rita mengatakan, Prof. Crow ini adalah pakar aljabar abstrak yang banyak menulis dan membuat modul-modul yang terkait dengan struktur aljabar. Latar belakang itulah yang mendorong Prodi Pendidikan Matematika UBH mengundangnya untuk memberikan perkuliahan struktur aljabar bagi mahasiswa semester tujuh.

"Dengan adanya kuliah tamu ini, mahasiswa dapat membuka wawasan dan suasana baru dalam proses belajar mengajar dengan dosen dari luar negeri, sekaligus memotivasi mereka mempelajari bagaimana mengucapkan simbol-simbol atau operasi matematika dalam bahasa Inggris. Tentunya ini juga akan membantu mereka ketika harus membaca buku-buku teks matematika yang berbahasa Inggris," ucapnya.

Menurutnya, mahasiswa cukup antusias dan terlihat cukup mampu mengikuti perkuliahan yang diberikan oleh Prof Crow. "Kami juga berharap kedatangan Professor Crow ini tidak hanya memberikan manfaat positif bagi mahasiswa Pendidikan Matematika yang mengikuti perkuliahan beliau, tetapi juga bagi dosen dan mahasiswa di jurusan lainnya secara umum," pungkasnya.


Sumber : http://news.okezone.com