Gunakan Prinsip 3M from Lena Thong Agar Bisnis Kamu Sukses


“Dalam berbisnis harus ada 3 M (Mau, Mampu, Money). Kalau salah satu tidak ada bisa bermitra”

Ada salah satu tips penting dalam berbisnis dari Lena Thong, CEO sebuah perusahaan penyedia jasa kantor siap pakai. Menurutnya, bagi anak muda yang ingin mendirikan sebuah bisnis, perlu mengecek 3 faktor yaitu Kemauan, Kemampuan, dan Modal. Kemauan datangnya dari diri sendiri, yaitu passion. Keinginan menjalankan suatu bisnis dengan sejuta visi dan impian di belakangnya serta kecintaan kita terhadap sesuatu sehingga ingin serius menekuninya.

Lena mengaku tertarik dengan bisnis penyediaan kantor siap pakai ini karena ia tertarik pada dunia property. Ia menangkap peluang yang sangat baik bahwa akan banyak bermunculan perusahaan-perusahaaan kecil yang membutuhkan kantor instan. Berdasarkan alasan inilah, Lena mengeksekusi mimpin-mimpinya.

Kemampuan. Faktor kedua yang penting untuk dimiliki saat membangun suatu bisnis adalah kapasitas kita untuk menjalankannya. Ini terkait dengan kesiapan kita baik dari segi wawasan terhadap dunia bisnis, pengetahuan tentang bidang yang akan kita garap, serta kemampuan manajerial.

Yang terakhir adalah money, atau modal. Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki salah satunya? Yup, solusinya adalah dengan bermitra!

Misalkan, jika Anda memiliki passion dalam bidang fashion lalu sudah membekali diir Anda dengan berbagai wawasan dunia fashion, akan tetapi kekurangan modal. Carilah investor!
Sebaliknya, jika Anda punya keinginan dan uang/modal namun tidak tahu bagaimana ara menjalankan bisnisnya, carilah partner/mitra sebagai pihak manajemennya.
Syarat Bisnis menurut Lena Thong
• Tahu/Menguasai bidang yang akan digeluti dalam bisnis
• Harus ada peluang
• Passion

“Banyak orang yang berpikir secara rasional akan menyerah ketika menghadapi rintangan. Seringkali passion lah yang membuat kita tetap berusaha.” (Steve Jobs)