Brand adalah nyawa bisnis Anda. Saat 
Anda sudah menemukan nama dan logo yang cocok untuk brand bisnis Anda, 
itu saatnya Anda mencari cara memperkenalkan dan memasarkan brand 
tersebut. Saat proses ini terpenuhi dengan baik, selanjutnya adalah 
bagaimana cara kita membangun sebuah reputasi yang baik di masyarakat. 
Dan membangun reputasi bukan hanya bagaimana Anda mengkomunikasikan itu 
secara langsung kepada pelanggan. Tapi saat ini adalah bagaimana Anda 
membangun reputasi online bisnis Anda. Karena seperti yang sudah kita 
tahu, bahwa perkembangan teknologi membawa kita pada era online untuk 
semua kegiatan, termasuk promosi bisnis. Dan untuk membangun reputasi 
brand secara online, Anda bisa menyimak tips berikut ini.
1. Waspada
Dalam membangun reputasi bisnis Anda 
secara online, Anda harus selalu memantau dan mendengarkan percakapan 
apa yang terjadi pada akun atau postingan sosial media Anda. Apakah 
mereka membicara bisnis, produk, layanan, pelayanan atau pesain Anda? 
Atau apakah mereka justru tidak sedikitpun menyinggung bahasan itu. Anda
 harus mampu memanfaatkan informasi itu. Dari percakapan yang ada, Anda 
juga bisa menyaring mana yang memiliki bobot dan sekiranya berpengaruh 
besar bagi bisnis Anda, seperti testimonial pelanggan dan pertanyaan 
mereka seputar promo yang Anda adakan.
2. Jujur
Jaga kejujuran disaat Anda berniat 
mencari kepercayaan dari pelanggan dan calon pelanggan Anda. Jika Anda 
melakukan salah, jangan sungkan mengakuinya dan meminta maaf kepada 
mereka. Jika masalah yang terjadi adalah kesalahan pada produk, maka 
jujurlah pada pelanggan tentang apa yang terjadi. Orang – orang akan 
lebih menghargai suatu komunikasi yang dilandasi kejujuran daripada 
hanya mengumbar janji dan promosi semata.
3. Terbuka
Tidak mudah menemukan pribadi atau suatu
 perusahaan yang mau terbuka kepada pelanggan mereka. Tapi keterbukaan 
ini bukanlah hal yang salah jika dilakukan oleh bisnis Anda. Ketika 
perusahaan, produk, layanan, atau karyawan Anda berada dibawah tekanan 
dan serangan, maka ini akan sulit untuk bersikap tertutup. Tapi jika 
Anda menunjukkan kesediaan untuk berbicara dan berbagi sedikit dengan 
mereka, mereka akan menciptakan kesan keterbukaan antara bisnis dengan 
pelanggannya. Dan mereka akan secara otomatis menciptakan pelanggan yang
 setia untuk bisnis Anda.
4. Jadilah aktif
Sosial media bukan hanya tempat kita 
melakukan promosi secara masal tanpa ada interaksi apapun. Usaha Anda 
untuk menjalin hubungan baik dan komunikasi dengan pelanggan dapat 
terwujud dari keaktifan Anda berinteraksi dengan mereka. Cobalah untuk 
bisa menjadi teman dan pemberi solusi bagi setiap masalah bisnis yang 
mereka hadapi. Saat mereka datang kepada bisnis Anda, mereka menaruh 
harapan bahwa bisnis Anda mampu menjadi solusi bagi mereka. Dan tugas 
Anda adalah menjadi lebih aktif untuk bertanya dan menyuguhkan solusi 
bagi mereka.
5. Konsisten
Saat sebuah bisnis sudah mulai tumbuh 
dan berkembang menjadi lebih besar, mereka akan dituntut untuk bisa 
konsisten di segala bidang. Baik secara Visi Misi, planning kerja, atau 
bahkan kegiatan promosi mereka. Penting bagi sebuah bisnis untuk bisa 
menunjukkan konsistensi mereka dalam segala hal. Ini ditujukan untuk 
benar – benar membentuk karakter bisnis tersebut dan juga membangun 
reputasi baik secara online ataupun offline pelanggan mereka.
6. Kreatif
Teknologi akan terus berkembang, 
begitupula sosial media. Dari mulai template, cara posting, hingga 
audienspun akan terus berkembang. Ini yang memaksa pebisnis untuk bisa 
lebih dan selalu kreatif dalam melakukan kegiatan promosi mereka. 
Pebisnis juga harus kreatif dalam membentuk reputasi di masyarakat. 
Banyak ide – ide yang bisa dikembangkan untuk bisa mendekatkan brand 
kepada pelanggan. Kreatifitas ini yang akan membawa Anda untuk 
mendapatkan bukan hanya reputasi tapi tentu saja pelanggan yang lebih 
banyak lagi.
7. Tetaplah bangga
Penting bagi sebuah perusahaan memiliki 
karyawan yang bangga terhadap Visi Misi yang akan dicapai oleh 
perusahaan tersebut. Rasa bangga ini yang akan memacu karyawan untuk 
memberikan yang terbaik bagi perusahaan tersebut. Kebanggan ini jugalah 
yang akan membantu karyawan dalam mengenalkan perusahaannya kepada 
masyarakat luas dan menciptakan reputasi baik di dalamnya. Karena 
bagaimanapun masyarakat akan mudah percaya dari apa yang mereka dengar. 
Baik buruk adalah kunci keberhasilan pembangunan reputasi bisnis di 
masyarakat.
Selamat mencoba :)

