Kerja keras saja ternyata tak menjamin sukses seseorang. Mengatur penggunaan waktu secara efektif dengan mengubah kebiasaan, akan jauh lebih produktif. Bagaimana caranya? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan...
1. Ciptakan rutinitas pagi yang baik
Salah satu cara terbaik untuk memulai hari dengan menyenangkan adalah
bangun lebih awal dan sarapan makanan sehat. Sebuah penelitian
menunjukkan bahwa orang-orang sukses memiliki rutinitas
pagi yang sama. Biasanya mereka rutin berolahraga dan mengecek tugas
harian mereka. Dari pengecekan ini akan diketahui pekerjaan apa yang
harus dikerjakan hari itu. Anda juga bisa membiasakan diri melakukan
pemanasan otak. Menulis 300 kata (satu halaman ketik) setiap pagi sudah
bisa menjadi pemanasan otak yang baik. Atau, Anda bisa lakukan kegiatan
produktif lain yang tak menyita waktu.
2. Skala prioritas
Apa jadinya kalau kita tidak tahu dari mana kita harus memulai
pekerjaan? Ketika hal itu terjadi, hal paling jitu untuk mengatasinya
adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, kemudian
prioritaskan berdasar hal terpenting. Ini akan memangkas waktu terbuang
hanya untuk memikirkan hal yang kurang penting.
3. Fokus pada satu hal
Targetkan waktu tertentu untuk menyelesaikan pekerjaan dan atur silent mode pada semua gadget selama Anda bekerja. Intinya, hilangkan gangguan di sekitar Anda dan fokus pada pekerjaan.
4. Istirahat sejanak
Sehebat-hebatnya kita bisa fokus pada pekerjaan, pasti ada kalanya
menemui kebosanan atau kelelahan. Nah, saat seperti ini Anda perlu
beristirahat. Gunakan kombinasi 25:5 atau 50:10 dalam bekerja dan
berihat. Artinya menggunakan waktu 25 menit untuk bekerja dan 5 menit
untuk istirahat atau 50 menit bekerja dengan 10 menit istirahat. Bisa
dengan meditasi sejenak atau bisa peregangan di kursi kerja. Meski hanya
sejanak, cara-cara ini efektif untuk mengurangi kepenatan dan
mengembalikan kesegaran tubuh.
5. Atur waktu secara efektif
Tak ada waktu bebas, yang ada hanya waktu yang tak teratur. Coba
gunakan aplikasi untuk menghitung seberapa efektif dan produktif waktu
Anda, misalnya dengan bantuan aplikasi
di www.rescuetime.com. Dari aplikasi ini Anda bisa menghitung seberapa
banyak waktu produktif Anda dan seberapa banyak waktu terbuang. Anda
bisa mengubah waktu terbuang—orang sering kali menyebutnya waktu
bebas—menjadi waktu produktif setelah mengetahui kebiasaan melalui
aplikasi tersebut.
6. Rayakan dan refleksikan
Rayakan apa yang telah Anda capai dan jangan lupa berikan penghargaan
atas pencapaian. Tak harus dengan perayaan besar dan mahal. Menyeruput
kopi bersama teman atau bahkan hanya minum softdrink di kantor bisa menjadi perayaan dan penghargaan yang cukup menyenangkan. Perayaan dan sistem reward
ini—meski hanya sederhana—akan menjadi motivasi yang luar biasa bagi
Anda. Tapi jangan lupa juga, untuk merefleksikan apa yang telah berhasil
dan gagal dalam rencana Anda. Keberhasilan dan kegagalan sama-sama
penting untuk dijadikan pelajaran. Mungkin kita bisa berkaca pada
kata-kata Bill Gates, “Adalah baik merayakan kesuksesan, tapi lebih
penting untuk mengambil pelajaran dari kegagalan.”