Konsumen seringkali menawar setiap produk yang akan mereka beli.
Sebagai penjual, tentunya Anda tak bisa menghindari konsumen yang
berperilaku seperti ini. Hal ini merupakan hal yang alamiah. Maklum,
setiap pembeli pasti akan meminta harga yang serendah-rendahnya.
Pada saat Anda hendak menjual produk, pembeli akan berusaha melakukan
tawar-menawar dengan Anda. Untuk menghadapi kondisi ini, tentunya Anda
atau tim penjualan yang Anda bentuk harus mengetahui teknik penjualan.
Pertama, pastikan Anda menguasai produk yang dijual. Bila Anda
menguasai kelebihan dan kekurangan produk dengan baik, maka Anda akan
relatif lebih mudah untuk menggiring konsumen mengikuti apa yang Anda
inginkan.
Selanjutnya, gali potensi dan kebutuhan calon konsumen. Setelah itu,
arahkan supaya produk yang ditawarkan bisa menjadi alternatif untuk
membantu memenuhi kebutuhannya.
Gunakan selalu tutur kata yang baik dan sopan dengan bahasa tubuh
yang proposional. Pastikan Anda tulus dan ikhlas untuk membantu memenuhi
kebutuhannya.
Hindari menjual berdasarkan belas kasihan konsumen. Anda harus
mengarahkan pembeli pada satu keputusan membeli secara rasional, bukan
atas dasar belas kasihan.
Selain itu, layani dengan sebaik mungkin supaya pelanggan akan sangat bergantung dengan Anda.