Sebagai salah satu Negara berkembang, di Indonesia tak sedikit masyarakat yang menggunakan jejaring sosial. Banyak situs jejaring sosial yang sudah kita kenal dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, misalnya saja youtube, facebook, twitter hingga aplikasi messenger seperti whatsapp dan BBM (Blackberry Messenger).
Oleh sebab itu maka tidak perlu heran lagi jika pada akhirnya situs sosial media menjadi salah satu lahan bisnis yang sangat menjanjikan
bagi setiap pemilik bisnis.
Sosial media merupakan sebuah tool marketing
yang bisa dikatakan cukup efektif untuk membantu strategi pemasaran
bagi bisnis Anda. Jika sekarang ini Anda berencana untuk melakukan suatu
kegiatan pemasaran produk melalui internet, maka Anda perlu mengetahui
beberapa strategi pemasaran melalui internet agar bisa berjalan dengan
baik.
Berikut ini 5
strategi pemasaran bisnis melalui sosial media yang dapat dijadikan
sebagai strategi tambahan untuk pemasaran bisnis Anda.
1. Bangun sebuah fans club
Ketika
Anda telah memiliki banyak pembeli, Anda juga perlu mengetahui seberapa
besar respon konsumen terhadap produk yang Anda jual. Untuk mengetahui
bagus atau tidaknya produk Anda, maka perlulah Anda melakukan survey.
Namun, terkadang beberapa konsumen tidak tertarik bahkan tidak mau
mengisi sebuah survey. Untuk mengatasi masalah tersebut sehingga Anda
tetap bisa mengetahui seberapa besar testimonial serta feedback dari
konsumen terkait dengan produk yang Anda jual. Maka, disini Anda bisa
membuat sebuah tempat khusus untuk mengumpulkan seluruh konsumen Anda
supaya nantinya mereka dapat mengeluarkan keinginan serta keluhan
terkait produk yang Anda jual pada satu tempat yang sama.
2. Bereaksi secara efektif
Jika
Anda ingin fokus kepada pemasaran produk melalui internet, maka yang
penting untuk Anda lakukan adalah bereaksi secara efektif. Maksudnya,
usahakan agar Anda merespon berbagai pertanyaan dari konsumen mengenai
produk Anda dengan secepat mungkin. Selain itu, jika Anda mempunyai akun
sosial media
entah twitter maupun facebook, maka secara aktif Anda juga harus
melakukan update status secara berkala. Buatlah para follower atau fans
percaya akun sosial media untuk bisnis Anda benar-benar nyata dan aktif.
3. Dengarkan apa yang disampaikan oleh monsumen
Situs
jejaring sosial bisa membantu Anda dalam mengidentifikasi apa yang
diinginkan oleh konsumen, tentunya dengan berbagai pengamatan. Misanya
Anda bergerak pada bisnis makanan, suatu saat Anda melihat salah satu
customer yang membutuhkan makanan tersebut namun konsumen tidak dapat
menjangkaunya secara langsung. Dari pengamatan tersebut, mungkin Anda
bisa menambahkan layanan tambahan seperti delivery order.
Sebenarnya
masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil dengan sharing secara
langsung dengan konsumen dimana secara tidak langsung Anda akan
membangun sebuah hubungan yang baik dengan konsumen jika komunikasi yang
Anda jalin dapat berjalan dengan baik. Kedepannya mereka juga dapat
menjadi konsumen yang loyal dengan produk yang Anda jual.
4. Mengkomunikasikan pesan promosi
Sesekali
Anda bisa menuliskan sesuatu di jejaring sosial yang berkaitan dengan
promosi produk. Seperti rencana awal bahwa menggunakan situs jejaring
sosial ini tujuannya untuk melakukan sebuah pemasaran produk. Jadi,
untuk hal ini Anda tidak perlu menunggu instruksi dari siapapun juga,
secara otomatis seharusnya Anda melakukan promosi produk
dengan sendirinya.Namun, perlu Anda ingat bahwa saat Anda melakukan
promosi produk, pilihlah waktu yang tepat. Jangan setiap saat Anda
update status yang berisi tentang promosi produk karena lama kelamaan
followers akan merasa jenuh dan nantinya akana meninggalkan Anda.
5. Menjalin relasi
Tidak
bisa kita pungkiri lagi bahwa pada saat Anda aktif memnfaatkan situs
jejaring sosial, nantinya Anda pasti akan berkomunikasi dengan banyak
orang. Dan orang-orang tersebut pastinya tersebar dari berbagai kota
bahkan berasal dari luar negeri. Nah, untuk mengoptimalkan bisnis Anda
agar bisa terus berkembang melalui sosial media. Maka, Anda bisa
menambah relasi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu siapa tahu nantinya
Anda dapat bertemu dengan calon investor yang tertarik dengan bisnis
yang Anda jalankan.