Ingin eksis di dunia maya? Memiliki website adalah syarat utama. Tapi, website seperti apa yang menjamin orang mau kembali dan kembali lagi untuk berinteraksi dengan usaha kita?
Berikut beberapa kiat untuk Anda, seperti yang disarikan dari Inc.com:
1. Tulislah dengan sangat jelas semua materi.
Dengan jutaan bahkan miliaran halaman website, unsur “kesan pertama harus menggoda” menjadi satu hal yang penting. Sebab, kita hanya punya waktu beberapa detik untuk memikat pengunjung agar terus mengunjungi situs kita. Karena itu, desain visual yang menarik (serta animasi yang mendukung, jika memungkinkan) akan jadi unsur penguat.
Tapi, yang lebih utama juga adalah unsur penggunaan bahasa yang jelas, padat, singkat, menarik. Contoh yang cukup sederhana bisa kita lihat di situs facebook.com. Di sana disebutkan: “Facebook helps you connect and share with the people in your life.” Kalimat pendek itu langsung membuat orang tahu, bahwa facebook.com adalah sarana bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang-orang di kehidupan kita. Sungguh, inilah kalimat yang akan membuat orang langsung paham dan mengerti, mengapa ia mengunjungi dan memakai jasa facebook.com.
2. Berikan fasilitas yang memudahkan.
Dunia online banyak dijejali dengan hal-hal yang tidak berguna, meski juga banyak yang berguna juga. Karena itu, agar website kita jadi multiguna alias mampu memberikan kepuasan pada pengunjung, buatlah menjadi sesederhana dan semudah mungkin untuk diakses. Mulai dari desain home, menu-menu yang saling terkait di dalamnya, serta berbagai sarana pendukung seperti tombol download (jika ada) dengan akses yang lebih mudah. Dengan segala kemudahan itu, orang akan betah berkunjung dan mau secara sukarela menyebarkan link website kita kepada rekan-rekannya karena dianggap website kita enak dan perlu untuk dikunjungi.
3. Maksimalkan website dengan search engine optimization (SEO).
Hampir semua orang saat mencari website yang diinginkan, pasti mencarinya melalui berbagai mesin pencari (search engine) seperti Google.com atau Yahoo.com. Karena itu, meningkatkan posisi link website di mesin-mesin pencari itu adalah salah satu kunci agar website kita terus dikunjungi orang. Jika perlu, mintalah bantuan ahli SEO untuk memaksimalkan pencarian bagi website kita. Dengan begitu, orang akan lebih mudah mencari dan mendapatkan akses langsung ke website kita.
4. Ketahui kebutuhan pelanggan kita.
Agar mampu lebih maksimal berinteraksi dengan semua target yang kita tuju, usahakan untuk bisa mengeksplorasi kebutuhan mereka. Carilah nilai lebih usaha yang bisa dikembangkan sehingga bisa memberikan kepuasan ekstra. Misalnya, dengan memberikan layanan berbasis sosial dalam website. Atau, kita berikan layanan dengan nilai tambah tertentu. Sebab, hubungan pelanggan dan produsen di dunia maya sudah setara. Karena itu, jika ingin memikat pelanggan, kita pun harus pandai-pandai menempatkan diri untuk berkomunikasi dengan mereka. Seperti yang dilakukan Zappos.com. Mereka tidak hanya menjual sepatu. Tapi mereka menjual berbagai kemudahan dan fasilitas yang membuat orang betah berkunjung di website mereka.
5. Jangkau semua media.
Dunia online kini telah menyebar ke berbagai hal. Salah satunya, karena penetrasi ponsel pintar yang kini sudah makin terjangkau. Akibatnya, memiliki website tak lagi sekadar harus tampil di layar komputer, tapi juga harus bisa diakses secara mobile. Mulai dari layanan khusus ponsel, BlackBerry, hingga agar bisa dilihat dan dinikmati melalui layar sentuh semacam iPad atau Samsung Galaxy Tab. Dengan membuat akses ke semua media online, kita akan bisa lebih terjangkau secara meluas.
6. Terus lakukan pengembangan.
Penyakit yang sering menghinggapi website adalah mudah membuat, malas meng-update. Ujung-ujungnya, orang pun malas mengunjungi link alamat kita lagi. Untuk itu, lakukan pengembangan secara terus-menerus. Minimal, lakukan update isi berita atau kabar, serta promosi yang terus diperbarui. Jangan lupa juga untuk berinteraksi secara dua arah dengan pengunjung. Untuk itu, buatlah juga akses ke media sosial seperti facebook.com atau twitter.com sehingga kita bisa terus mendapat masukan seputar usaha yang dijalankan.
Berikut beberapa kiat untuk Anda, seperti yang disarikan dari Inc.com:
1. Tulislah dengan sangat jelas semua materi.
Dengan jutaan bahkan miliaran halaman website, unsur “kesan pertama harus menggoda” menjadi satu hal yang penting. Sebab, kita hanya punya waktu beberapa detik untuk memikat pengunjung agar terus mengunjungi situs kita. Karena itu, desain visual yang menarik (serta animasi yang mendukung, jika memungkinkan) akan jadi unsur penguat.
Tapi, yang lebih utama juga adalah unsur penggunaan bahasa yang jelas, padat, singkat, menarik. Contoh yang cukup sederhana bisa kita lihat di situs facebook.com. Di sana disebutkan: “Facebook helps you connect and share with the people in your life.” Kalimat pendek itu langsung membuat orang tahu, bahwa facebook.com adalah sarana bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang-orang di kehidupan kita. Sungguh, inilah kalimat yang akan membuat orang langsung paham dan mengerti, mengapa ia mengunjungi dan memakai jasa facebook.com.
2. Berikan fasilitas yang memudahkan.
Dunia online banyak dijejali dengan hal-hal yang tidak berguna, meski juga banyak yang berguna juga. Karena itu, agar website kita jadi multiguna alias mampu memberikan kepuasan pada pengunjung, buatlah menjadi sesederhana dan semudah mungkin untuk diakses. Mulai dari desain home, menu-menu yang saling terkait di dalamnya, serta berbagai sarana pendukung seperti tombol download (jika ada) dengan akses yang lebih mudah. Dengan segala kemudahan itu, orang akan betah berkunjung dan mau secara sukarela menyebarkan link website kita kepada rekan-rekannya karena dianggap website kita enak dan perlu untuk dikunjungi.
3. Maksimalkan website dengan search engine optimization (SEO).
Hampir semua orang saat mencari website yang diinginkan, pasti mencarinya melalui berbagai mesin pencari (search engine) seperti Google.com atau Yahoo.com. Karena itu, meningkatkan posisi link website di mesin-mesin pencari itu adalah salah satu kunci agar website kita terus dikunjungi orang. Jika perlu, mintalah bantuan ahli SEO untuk memaksimalkan pencarian bagi website kita. Dengan begitu, orang akan lebih mudah mencari dan mendapatkan akses langsung ke website kita.
4. Ketahui kebutuhan pelanggan kita.
Agar mampu lebih maksimal berinteraksi dengan semua target yang kita tuju, usahakan untuk bisa mengeksplorasi kebutuhan mereka. Carilah nilai lebih usaha yang bisa dikembangkan sehingga bisa memberikan kepuasan ekstra. Misalnya, dengan memberikan layanan berbasis sosial dalam website. Atau, kita berikan layanan dengan nilai tambah tertentu. Sebab, hubungan pelanggan dan produsen di dunia maya sudah setara. Karena itu, jika ingin memikat pelanggan, kita pun harus pandai-pandai menempatkan diri untuk berkomunikasi dengan mereka. Seperti yang dilakukan Zappos.com. Mereka tidak hanya menjual sepatu. Tapi mereka menjual berbagai kemudahan dan fasilitas yang membuat orang betah berkunjung di website mereka.
5. Jangkau semua media.
Dunia online kini telah menyebar ke berbagai hal. Salah satunya, karena penetrasi ponsel pintar yang kini sudah makin terjangkau. Akibatnya, memiliki website tak lagi sekadar harus tampil di layar komputer, tapi juga harus bisa diakses secara mobile. Mulai dari layanan khusus ponsel, BlackBerry, hingga agar bisa dilihat dan dinikmati melalui layar sentuh semacam iPad atau Samsung Galaxy Tab. Dengan membuat akses ke semua media online, kita akan bisa lebih terjangkau secara meluas.
6. Terus lakukan pengembangan.
Penyakit yang sering menghinggapi website adalah mudah membuat, malas meng-update. Ujung-ujungnya, orang pun malas mengunjungi link alamat kita lagi. Untuk itu, lakukan pengembangan secara terus-menerus. Minimal, lakukan update isi berita atau kabar, serta promosi yang terus diperbarui. Jangan lupa juga untuk berinteraksi secara dua arah dengan pengunjung. Untuk itu, buatlah juga akses ke media sosial seperti facebook.com atau twitter.com sehingga kita bisa terus mendapat masukan seputar usaha yang dijalankan.