Persaingan adalah hal yang mustahil dihindari dalam kehidupan. Setelah memenangkan persaingan mencari kerja,
kamu akan dihadapkan oleh persaingan kerja di kantor. Setiap orang
menghadapi persaingan dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa menjadi
terpacu untuk meraih hasil maksimal, sementara yang lain merasa gentar
dengan aura persaingan yang pekat. Namun, cara terbaik untuk menghadapi
persaingan adalah menaklukkannya seperti jawara.
Persaingan memiliki sisi positif dan negatif tersendiri. Di dunia kerja, persaingan kerja bisa memacu seseorang
melakukan pekerjaannya sebaik mungkin dan berkontribusi lebih untuk
perusahaan. Sisi positif lainnya adalah persaingan kerja berperan
sebagai alat seleksi alam, di mana yang tidak kompeten akan ketinggalan
jauh dari yang berprestasi.
Namun, di sisi lain, persaingan kerja dapat memperburuk suasana kerja yang penuh tekanan. Deadline ketat
dan keharusan untuk melampaui target membuat para karyawan yang bekerja
di lingkungan kompetitif pusing tujuh keliling untuk memenuhi standar.
Jadi, bagaimana menyingkapi persaingan kerja agar kamu dapat bekerja
dengan baik dan meminimalisir efek negatifnya? Simak tips ini!
5 Tips Hadapi Persaingan Kerja di Kantor
1. Terima Bahwa Persaingan Kerja Itu Natural
Seperti sudah disampaikan di atas,
persaingan adalah sesuatu yang alami, tidak dapat dihindari, dan selalu
ada di mana-mana. Tidak peduli betapa gigih kamu menghindarinya,
persaingan akan selalu terjadi di sekitarmu. Jadi, pilihannya memang
cuma berdamai dan menerima tantangannya.
2. Kenali Dirimu
Mengetahui apa yang kamu miliki adalah
keuntunganmu di medan perang. Coba anggap dirimu sebagai orang lain—bos
atau rekan kerja—dan nilai dirimu dengan jujur.
Temukan apa yang menjadi kelebihanmu, kekuranganmu, dan apa yang bisa
kamu berikan untuk berprestasi di kantor. Apakah kamu tahan dalam menghadapi deadline?
Apa kamu jago presentasi? Gali apa yang ada dalam dirimu! Hal ini akan
membantumu memilih persaingan kerja mana yang mau diikuti dan mana yang
sebaiknya dibiarkan. Jadi, kamu bisa fokus memilih dan tidak pusing
meladeni semua.
3. Kenali Kompetitormu
Mengenal siapa saja yang bersaingan
denganmu akan memberikan sudut pandang yang jelas mengenai apa yang
sedang terjadi. Kamu bisa mengamati kekurangan dan kelebihan
lawan-lawanmu, sehingga nantinya kamu dapat merencanakan langkah terbaik
yang harus diambil.
4. Jadilah Rekan yang Baik
Mengenal pesaingmu adalah langkah awal.
Langkah berikutnya adalah mencari tahu bagaimana dapat bekerja sama
secara baik dengan mereka, tanpa drama serta ketegangan tertentu. Jangan
sampai daya saing yang tinggu justru membuatmu menjadi orang yang menyebalkan di kantor. Hal ini membantu mengubah persepsimu terhadap mereka, dari saingan menjadi rekan. Buang label saingan yang
tertempel di jidat mereka. Sebaliknya, lihat mereka sebagai rekan kerja
untuk mencapai tujuan bersama. Akui kelebihan satu sama lain dan hargai
kerja sama kalian sebagai salah satu cara mencapai tujuan.
5. Jadilah yang Terbaik
Kendalikan persaingan kerja di kantor
dengan membuat komitmen untuk selalu melakukan yang terbaik. Lebih mudah
menghadapi tekanan persaingan jika sedari awal kamu telah memasang
standar tinggi untuk dirimu sendiri. Jadi, bukan orang lain yang
menyeretmu ke medan persaingan, namun kamu sendiri yang masuk dengan
siap sedia. Menang atau kalah, berhasil atau gagal, kamu akan melangkah
dengan percaya diri karena telah melakukan upaya maksimal.