Jakarta - Menurut riset yang dilakukan BMI Research
periode Desember 2014 terhadap 1.213 responden (18-45 tahun) di 10 kota
besar di Indonesia, ditemukan bahwa konsumen yang paling sering
berbelanja online adalah perempuan.
53% mereka yang berbelanja di internet adalah perempuan dan laki-laki
sebanyak 47%. Hal itu didukung oleh barang yang paling banyak dibeli,
yakni pakaian sebanyak 41% dan aksesoris mode sebanyak 40%.
"Perempuan paling sering berbelanja online pada jam 10 pagi hingga 12 siang. Sedangkan, laki-laki lebih sering berbelanja online pada jam 8 malam ke atas," terang Devi.
Sementara itu kelompok yang paling sering berbelanja online adalah mereka yang berada di umur 24-30 tahun. Yakni sebanyak 33%. Dan kelompok kedua adalah umur 18-23 tahun sebanyak 23%.
"Diperkirakan kelompok yang paling banyak berbelanja online adalah para first jobber
atau pekerja pemula. Dan kelompok kedua diperkirakan anak-anak sekolah
dan mahasiswa," ujar Yoanita Shinta Devi, Kepala Riset di BMI Research
pada saat jumpa pers pemapatan "Online Shopping Outlook 2015" oleh BMI
Research di Jakarta, Kamis (22/1).
Menurutnya, dua kelompok tersebut merupakan pasar potensial untuk perkembangan industri belanja online.
Dikatakan Devi, kelompok pekerja pemula penghasilannya akan terus
meningkat, sehingga diperkirakan akan menghabiskan biaya lebih banyak
untuk berbelanja online.
"Sedangkan, kelompok kedua akan menjadi first jobber yang merupakan kelompok paling sering berbelanja online," pungkasnya.
Sumber : beritasatu.com/