Riset: Perempuan Lebih Sering Belanja "Online"




Jakarta - Menurut riset yang dilakukan BMI Research periode Desember 2014 terhadap 1.213 responden (18-45 tahun) di 10 kota besar di Indonesia, ditemukan bahwa konsumen yang paling sering berbelanja online adalah perempuan.

53% mereka yang berbelanja di internet adalah perempuan dan laki-laki sebanyak 47%. Hal itu didukung oleh barang yang paling banyak dibeli, yakni pakaian sebanyak 41% dan aksesoris mode sebanyak 40%.

"Perempuan paling sering berbelanja online pada jam 10 pagi hingga 12 siang. Sedangkan, laki-laki lebih sering berbelanja online pada jam 8 malam ke atas," terang Devi.
Sementara itu kelompok yang paling sering berbelanja online adalah mereka yang berada di umur 24-30 tahun. Yakni sebanyak 33%. Dan kelompok kedua adalah umur 18-23 tahun sebanyak 23%.

"Diperkirakan kelompok yang paling banyak berbelanja online adalah para first jobber atau pekerja pemula. Dan kelompok kedua diperkirakan anak-anak sekolah dan mahasiswa," ujar Yoanita Shinta Devi, Kepala Riset di BMI Research pada saat jumpa pers pemapatan "Online Shopping Outlook 2015" oleh BMI Research di Jakarta, Kamis (22/1).

Menurutnya, dua kelompok tersebut merupakan pasar potensial untuk perkembangan industri belanja online. Dikatakan Devi, kelompok pekerja pemula penghasilannya akan terus meningkat, sehingga diperkirakan akan menghabiskan biaya lebih banyak untuk berbelanja online.

"Sedangkan, kelompok kedua akan menjadi first jobber yang merupakan kelompok paling sering berbelanja online," pungkasnya.



Sumber : beritasatu.com/