Pentingnya Halaman Frequently Asked Questions di Toko Kue Online

Halaman frequently asked question (FAQ) memegang peranan cukup penting di toko online. Termasuk toko kue online. Dengan adanya FAQ, pembeli yang ingin memesan kue lewat dunia maya tidak perlu banyak bertanya lagi ketika menghubungi penjual.

 
Halaman FAQ berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pembeli sebelum berbelanja online. Biasanya ada lima jenis pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka, yakni pertanyaan tentang produk, cara pemesanan, pengiriman, cara pembayaran, serta pertanyaan umum.



Dengan adanya halaman FAQ di toko kue online, penjual bisa memiliki spare waktu yang lebih untuk fokus membuat kue pesanan karena tidak harus melayani banyak pertanyaan yang datang ke email, SMS, maupun telepon. Berikut ini beberapa referensi pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pembeli. Penjual dapat mencantumkan pertanyaan tersebut (berikut dengan jawaban sesuai sistem tokonya masing-masing) pada halaman FAQ.
  1. Pertanyaan tentang produk
    Pembeli tidak ingin kue pesanannya berbeda dengan apa yang ada di bayangannya. Setelah melihat foto produk yang ada di toko kue online, pembeli pasti bertanya pada penjual mengenai beberapa pertanyaan lanjutan atau bahkan mempertanyakan hal-hal yang sebetulnya sudah dijelaskan di deskripsi produk. Jika pemilik toko online menjual lebih dari satu jenis kue, halaman ini bisa ia gunakan untuk menjelaskan masing-masing jenis kue tersebut.

    Berikut ini contoh-contoh pertanyaan yang sebaiknya ditulis bersamaan dengan jawabannya di halaman FAQ toko cupcakes online.

    • “Ada rasa apa saja?”
    • “Dalam satu pesanan, apakah boleh dicampur rasanya?”
    • “Ada desain apa saja? Apakah boleh request desain sendiri?”
    • “Dalam satu pesanan, apakah desain boleh dicampur?”
    • “Apa bedanya fondant dan buttercream?”
    • Cupcakes-nya tahan berapa lama?”
    • “Apakah harganya boleh kurang?”

  2. Pertanyaan tentang cara pemesanan
    Informasi mengenai pemesanan kue lewat toko online merupakan salah satu informasi yang sebaiknya ditulis serinci mungkin. Salah satunya di halaman FAQ. Hal ini bertujuan agar pembeli tidak kebingungan dalam melakukan pemesanan. Berikut ini contoh pertanyaan mengenai cara pemesanan.
    • “Cara memesan kue lewat apa? Email, SMS, atau telepon?”
    • “Minimal jumlah pemesanan kue?”
    • “Minimal berapa hari pemesanan harus dilakukan?”
    • “Apakah bisa melayani pengiriman dan pemesanan di hari yang sama? (hari ini dipesan, hari ini dikirim)”

  3. Pertanyaan tentang pengiriman
    Berberlanja kue lewat internet sama seperti berbelanja barang lain. Ada kegiatan pengiriman produk yang dibeli dari tempat penjual ke tempat pembeli. Proses pengiriman ini biasanya juga menimbulkan banyak pertanyaan bagi pembeli kue. Ada kekhawatiran tersendiri apabila kue harus diantar ke luar kota karena takut rusak atau basi. Oleh karena itu, penjual dapat menjelaskan hal tersebut di halaman FAQ.
    Berikut ini contoh pertanyaan-pertanyaan mengenai pengiriman.

    • “Saya berdomisili di luar kota (tidak satu kota dengan penjual). Apakah saya tetap bisa memesan?”
    • “Berapa ongkos kirimnya?”
    • “Pengiriman menggunakan jasa kurir sendiri atau jasa kurir komersil lain?”
    • “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengantar kue?”
    • “Apakah kue bisa diantar jam 12 malam? Range waktu pengantaran kue?”
    • “Bagaimana jika kuenya rusak selama perjalanan?”
  4. Pertanyaan tentang cara pembayaran
    Pertanyaan tentang pembayaran pun menjadi salah satu momok bagi pembeli maupun penjual. Di toko kue online, biasanya penjual memerlukan dana awal atau DP sebagai tanda jadi pemesanan oleh pembeli serta sebagai dana untuk membeli bahan-bahan pembuatan kue. Selain itu, ada beberapa contoh pertanyaan tentang cara pembayaran lain.
    • “Cara bayarnya bagaimana? Bayar penuh di awal atau dengan DP?”
    • “Berapa persen DP yang harus dibayarkan? Kapan?”
    • “Kapan paling lambat pembayaran dilakukan?”
    • “Apa bisa pembayaran dilakukan saat kue diantar?”

  5. Pertanyaan-pertanyaan umum
    Selain empat jenis pertanyaan di atas, penjual sebaiknya menulis pertanyaan-pertanyaan umum dan jawabannya di halaman FAQ. Misalnya, “Apakah ada toko fisik? Di mana lokasinya?”, “Apakah toko online ini dapat dipercaya?”, dan “Kontak penjual yang dapat saya hubungi?”.