Tips untuk Lantai Carport




Tahukah Anda? Carport bukan sekadar tempat “singgah” mobil, ia juga menyeimbangkan tampilan rumah dan biasanya menjadi entrance bagi rumah-rumah mungil.

Nah, untuk material pun berbeda-beda, seperti pada lantai yang mengandung unsur estetika.
Setidaknya ada 3 syarat umum material lantai yang cocok untuk carport, yaitu tidak licin (memiliki ketahanan tertentu terhadap slip), daya sokong kuat untuk beban berat, dan tahan dengan berbagai cuaca.

Jalur air juga harus ada. Hal ini berguna ketika mencuci mobil di carport, sehingga air bisa langsung tersalurkan ke got.

Nah, agar jalur air lancar, selain memberi tali air pada lantai carport, sebaiknya lantai tak dibuat datar, yaitu memiliki kemiringan sekitar 1–3% terhadap panjang horizontalnya.
Untuk konstruksi lantai carport, wajib menggunakan tulangan besi beton, yang dirangkai seperti anyaman fondasi tapak. Hal ini dilakukan untuk mengatasi sifat getas beton (tak mampu menahan tegangan tarik).

Karena itu, tulangan baja, yang kuat terhadap tarik, memperlengkapi kelemahan sifat beton ini. Jarak antarbesi tulangan 5–10cm. Setiap pertemuan besi diikat dengan kawat agar rangkaian tidak goyah.

Jadi, untuk kekuatan lantai carport, setidaknya Anda harus membuat  5 lapisan, yaitu tanah asli, pasir, tulangan besi dan cor beton, perekat/spesi, dan penutup lantai. Sudahkah Anda cek kembali susunan lantai carport Anda?.


Sumber: http://bit.ly/1Dh9vxF