Inilah Pembawa Masalah Keuangan

Apakah Anda pernah merasa menyesal setelah membeli satu barang dan berpikir bila sebenarnya Anda tidak perlu membeli barang tersebut? Karena hal ini, pengeluaran Anda menjadi tidak seimbang dan pada akhir bulan, uang yang sudah Anda kumpulkan ternyata tidak mencukupi untuk kebutuhan Anda.

Masalah ini sebenarnya dapat diatasi, bila Anda tahu hal-hal yang mendorong Anda tercebur dalam masalah ini. Berikut beberapa diantara biang keladi penyebab masalah keuangan ini.
Promo

Promo yang ditawarkan sebuah usaha memang terlihat menarik dan menguntungkan. Anda mendapatkan bonus barang atau layanan, hanya dengan membayar sedikit lebih mahal. Namun, apakah memang bonus tersebut benar-benar Anda butuhkan?

Contoh paling umum adalah saat Anda membeli makanan di restoran cepat saji. Saat Anda ditawarkan bonus CD musik dan Anda menyetujuinya, maka harga dari paket yang Anda pesan akan sedikit lebih mahal. Hal ini memang terlihat tidak berarti, tetapi bila Anda hitung kembali, uang lebih yang Anda bayarkan ini sebenarnya dapat Anda gunakan untuk hal lainnya yang lebih Anda butuhkan.
Membeli Menggunakan Kartu Kredit

Membeli menggunakan kartu kredit memang terasa mudah. Anda dapat membeli barang apapun dengan syarat harga barang tersebut tidak melebihi limit dari kartu kredit Anda. Namun, bila Anda sendiri sebenarnya tidak mampu membayar atau membeli barang dengan harga tersebut, maka Anda akan mendapatkan masalah keuangan. Anda harus membayar tagihan kartu kredit yang lebih besar dan hal ini akan menambah beban keuangan Anda.

Tidak dapat Berkata "TIDAK!"

Pelaku usaha memang mempunyai banyak strategi untuk menarik pelanggan. Dan, strategi ini seringkali membuat Anda tidak dapat menolak apa yang mereka tawarkan. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus sedikit egois dan berani berkata tidak. Hilangkan rasa sungkan atau tidak enak untuk menolak, karena hal ini perlu dilakukan demi kesehatan keuangan Anda.
Mencoba-Coba

Mencoba-coba produk atau layanan memang dapat menambah pengalaman dan pengetahuan Anda mengenai produk tertentu. Namun, bila Anda menjadikan hal ini sebagai hobi, maka Anda akan mendapatkan masalah keuangan di kemudian hari.
Tanpa Menawar

Seringkali orang merasa malu saat akan menawar barang. Namun, bila Anda hitung kembali, harga yang Anda dapatkan dari proses tawar menawar ini dapat menjadi sangat menguntungkan untuk keuangan Anda.
Makan dan Minum

Mungkin sepiring makanan dan secangkir kopi yang Anda beli di kafe terasa murah dan tidak berarti. Namun, bila Anda membuatnya sendiri dirumah, Anda dapat lebih banyak menghemat uang Anda dan menghindarkan Anda dari masalah keuangan.
Member

Saat ini ada berbagai layanan yang menawarkan sistem keanggotaan. Memang, Anda akan mendapatkan keuntungan dari sistem ini. Tetapi, Anda juga harus membayar biaya keanggotaan. Hal ini menjadi pengeluaran tambahan yang tidak terlalu dibutuhkan, khususnya bila Anda tidak terlalu sering menggunakan layanan tersebut.


Penulis : Otara



Kategori Artikel : Tips