Uniknya Tradisi Upacara Kemerdekaan RI Ke 71 di Pesantren





 Suasana upacara HUT RI ke 71 Di Pondok Pesantren

Saveupdata.com - Selama ini ada istilah 'kaum sarungan' untuk merujuk bagi santri atau murid di pesantren, namun jangan ditanya soal toleransi, nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah airnya. Di kalangan mereka, mencintai tanah air adalah sikap mulia dan dikategorikan bagian dari iman. "Hubbul wathan minal iman" atau cinta tanai air adalah bagian dari iman.





Para santri telah membuktikan terlibat langsung dalam berbagai usaha perjuangan dan perintisan kemerdekaan Indonesia. Bukti sejarah tentang kontribusi kaum sarungan dalam usaha kemerdekaan tidak bisa dipandang sebelah mata, dan oleh karena itu hingga hari ini kita masih dapat menyaksikan patriotisme kaum santri dalam membela dan mencintai negerinya. Hal itu dibuktikan salah satunya melalui upacara-upacara peringatan kemerdekaan yang dilakukan di pesantren-pesantren.

Seperti yang terlihat dalam foto foto dibawah ini, ribuan Santri dari berbagai Pesantren di Nusantara turut serta mengungkapkan rasa cinta tanah airnya itu dengan mengikutu dan melaksanakan upacara 17 Agustus dengan seragam resmi mereka, yaitu sarung. Maka jangan pernah ragukan jiwa Nasionalisme kaum Sarungan.





































Dokumen foto pondok pesantren ; Pon Pes Nurul Umah Yogya,Pon Pes Tarbiatun Nasyin Jombang,Pon Pes Tambak Beras,Pon Pes Bahrul Ulum Jember,Pon Pes Bumi Sholawat,Pon Pes Ploso,Pon Pes Tramas Pacitan,Pon Pes Dalwa,Pon Pes Tramas Pacitan,Pon Pes Khas Kempek,Pon Pes Assalafy Al Fitrah,Pon pes Sidogiri,Buntet Pesantren,Pon Pes Motivasi Islam bekasi, Pon Pes Daarul Iman gunung anten,Ponpes Asshidiqiyyah 2 Tangerang dll


Sumber foto :
Abdu L Wahab