Dari Model ke Sepatu Rajut



MALANG - Nova Ario (32) dahulu adalah seorang model. Ia pernah menjadi juara pertama foto model Hijab Kompas TV di Surabaya tahun 2013. Walau begitu, ia justru memilih meninggalkan dunia modeling dan mencoba mandiri dengan mendirikan usaha Hanahandmade Sewing Art.
 
Hanahandmade Sewing Art merupakan usaha rumahan yang bergerak di bidang tekstil. Produknya selalu berkaitan dengan dunia rajut-merajut, seperti tas rajut, pakaian rajut, topi rajut hingga sepatu rajut.

Untuk sepatu, produk yang paling sering dibuatnya adalah sepatu bayi yang dibuat khusus dengan rajutan tali-tali warna-warni, dan lucu.

sesuai di muat dalam Surya.co.id, sekaligus tempat usahanya, di Jalan Kunta Bhaswara, Kamis (9/4/2015) siang, Nova mengatakan usaha ini baru dijalankan setahun. Kisahnya bermula dari kepindahan Nova dari Kediri ke Malang dua tahun lalu.

Ketika itu Nova yang sudah meninggalkan dunia modeling, dengan alasan kesibukan rumah tangga, iseng berjualan hasil rajutan online temannya.

“Setelah pesanan banyak, ternyata pesanan masih ada. Di sini saya bertekad untuk memulai usaha rajutan ini,” akunya.

Alumnus Universitas Brawijaya, jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan ini mengatakan dunia rajut merajut, sebenarnya bukan hal baru baginya. Ia hobi merajut sejak dahulu.
Bahkan, saat masih di Kediri, ia sering mengajarkan teknik merajut pada ibu-ibu di sekitar kediamannya. Pembelajaran ini masih ia lakukan hingga sekarang.

Setelah berdomisili di Malang, ibu mertuanya ternyata juga senang merajut. Oleh karena itu, bisnis rajutannya mudah dimulai, berkembang, sampai omzet yang ia hasilkan lumayan, yaki berkisar diangkat Rp 2 juta per bulannya.

Seluruh produknya ini dijual via online, dan diminati oleh ibu-ibu dari berbagai kota besar, seperti Surabaya, Bali, serta terjauh Aceh. “Saya membuatnya based on order,” tambahnya.
Selain membuat usaha ini, Nova kini juga tengah memulai bisnis fotografi bayi. Ilmu fotografi-nya, didapat dari sang suami, plus tambahan pengalaman menjadi model.
“Hasilnya lumayan untuk tambah-tambah penghasilan, sekaligus mengisi waktu luang,” aku Nova.