KH Anwar Zahid: Islam Bukan Agama Fenomena


Islam bukan agama fenomena yang hanya diamalkan dan dimunculkan dalam waktu-waktu tertentu saja. Karena itu, untuk menjadi Islam harus istiqomah dan kontinu, jangan temporer.

Demikian disampaikan KH Anwar Zahid saat mengisi pengajian di lapangan Kampung Serdang Kuring Kecamatan Bahuga Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung yang dihelat Lembaga Persatuan Tokoh Islam (LPTI) Walisongo, Selasa (7/4).

Pengasuh Pondok Pesantren Attarbiyah Islamiyah Assyafi'iyah Bojonegoro Jawa Timur itu menambahkan, Islam itu harus kafah atau menyeluruh, dari bangun sampai tidur, ucapan, perilaku, tingkah lakunya harus bernapaskan nilai-nilai ajaran Islam.

"Dari ujung rambut atau 'the unyeng-unyeng', sampai ujung kaki atau 'the tungkak' harus melaksanakan nilai-nilai ajaran Islam, bukan hanya menonjolkan simbol-simbol Islam," tegas alumni Ponpes APTQ Sampurnan Bungah, Gresik, Jatim ini.

Menurutnya, agama itu harus digendong, seperti apa yang dikatakan Mbah Surip dalam lagunya, harus senantiasa digendong kemana-mana. Kenapa orang keliru, korupsi merajalela, ini karena agama tidak digendong.

“Apa lanjutnya kata Mbah Surip? Enak tho? Manteb tho?" terang Kiai Anwar.

Hadir pada kegiatan itu, Ketua PCNU Waykanan, KH Nur Huda, Ketua DPRD Waykanan Raden Adipati Surya, Ketua TP PKK Dr Rina Marlina, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gino Vanollie. Terlihat pula puluhan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) terlibat mengamankan lokasi dan kegiatan. (Gatot Arifianto/Fathoni)